0 Engkau Akan Dibaptis Dengan Roh Kudus : Kesaksian Dengan Kuasa Yang Luar Biasa!

Digambarkan Sebagai Dipenuhi Dengan Roh Kudus

Yang keempat dan penjelasan terakhir yang saya sampaikan untuk memahami baptisan dengan Roh Kudus sebagai sebuah  pemberian kuasa yang spesial untuk pelayanan adalah bahwa baptisan Roh Kudus digambarkan sebagai 'DIPENUHI" dengan Roh Kudus, dan ide pengisian atau pemenuhan hampir selalu dikaitkan dengan kuasa luar biasa untuk pelayanan dalam kitab Kisah Para Rasul. Perhatikan bahwa ketika baptisan dengan Roh Kudus terjadi dalam Kisah Para Rasul 2:4, Lukas  berkata, "Maka penuhlah mereka dengan Roh Kudus." Efek dari penuh dengan Roh Kudus adalah sebuah kesaksian Kristus yang penuh kuasa dan keajaiban yang menyebabkan 3000 orang dikonversi (Kisah Para Rasul 2:41).



  • Dalam Kisah Para Rasul 4:8 Petrus kembali dipenuhi dengan Roh Kudus dan berbicara dengan kuasa yang hebat sehingga para pemimpin Yahudi terpesona  terhadap keberanian walaupun ia bukanlah seorang yang memiliki cukup pendidikan yang  baik ( 4:13).
  • Dalam Kisah Para Rasul 4:31 murid-murid lainnya sedang berdoa dan tempat dimana mereka berada diguncangkan dan  mereka semua dipenuhi dengan Roh Kudus. Efek dari kepenuhan Roh Kudus yang mereka alami adalah mereka memperkatakan Firman Tuhan dengan keberanian luar biasa dan dengan kuasa yang meninggikan Yesus.
  • Dalam Kisah Para Rasul 6 kita berjumpa dengan Stefanus seorang yang  penuh dengan iman dan Roh Kudus (ayat 5). Dan Lukas memberitahukan kepada kita pada ayat 8 bahwa oleh karena ia penuh dengan kuasa dan tanda-tanda ajaib diantara orang-orang, tetapi khususnya didalam ayat 10 para pemimpin tidak kuasa untuk menolak hikmat dan Roh yang memimpinnya berbicara. Kepenuhannya telah memberikan kepadanya kuasa yang luar biasa untuk pelayanan yang meninggikan Kristus.
  • Dalam Kisah Para Rasul 9:17 Paulus dipenuhi dengan Roh Kudus saat ia mengalami konversi dan menyebabkan ia berbicara dengan kuasa yang luar biasa sehingga orang-orang Yahudi di Damaskus menjadi bingung (9:22).
  • Dalam Kisah Para Rasul 11:24 Barnabas yang penuh  dengan Roh Kudus dan iman dan efeknya yang disebut  Lukas adalahbahwa "banyak oarng ditambahkan Tuhan" (sebagaimana saat Pentakosta).
  • Dalam Kisah Para Rasul 13:9 Paulus dipenuhi dengan Roh Kudus saat ia berkata kepada Elimas si tukang sihir dan Tuhan memberikan kepadanya kuasa yang luar biasa untuk menyatakan penghukuman Tuhan menjadi buta untuk beberapa hari (13:11)


Kesimpulan

Sehingga inilah kesimpulan yang dapat kita lakukan: menjadi dibaptis dengan Roh Kudus adalah ketika seorang yang percaya kepada Kristus menerima kuasa luar biasa untuk pelayanan yang meninggikan Kristus.
  • Hal ini benar sebab Lukas berkata bahwa dibaptis dengan Roh adalah menjadi dipenuhi dengan Roh, dan dipenuhi dengan Roh selalu untuk pelayanan yang meninggikan Kristus.
  • Hal ini benar karena Lukas berkata bahwa dibaptis dengan Roh adalah sebuah penggenapan janji di Yoel 2, dan Yoel 2  sebuah kemunculan kuasa profetik diantara umat Tuhan.
  • Hal ini benar karena Lukas menggambarkan dibaptis dengan Roh sebagai menerima Kuasa untuk bersaksi ketika Roh Kudus turun keatasmu (Kisah Para Rasul 1:8)
  • Dan ini benar karena Lukas berkata bahwa dibaptis dengan Roh adalah mengenakan kuasa dari tempat tinggi sehingga berita Kristus dapat diterima secara efektif oleh semua bangsa di dunia (Lukas 24:49).

Implikasi-implikasi hal ini bagi kita sangat besar. Dan kita akan membahas hal ini lebih lanjut pada waktu mendatang.

Selesai

John Piper, You Will Be Baptized with the Holy Spirit | Martin Simamora

P O P U L A R - "Last 7 days"