0 Engkau Akan Dibaptis Dengan Roh Kudus :

Kisah Para Rasul 1 : 4-5
Pada suatu hari ketika Ia makan bersama-sama dengan mereka, Ia melarang mereka meninggalkan Yerusalem, dan menyuruh  mereka tinggal di situ menantikan janji Bapa, yang--demikian kata-Nya--"telah kamu dengar dari pada-Ku.Sebab Yohanes membaptis dengan air, tetapi tidak lama lagi kamu akan dibaptis dengan Roh Kudus."

Sebelumnya kita telah melihat dari ayat pertama bahwa volume 1 dari 2 volume karya Lukas, Injil menurut Lukas, berhubungan dengan 
semua yang telah DIMULAI oleh Yesus dalam tindakannya dan pengajarannya (Kisah Para Rasul 1:1), yang menyiratkan bahwa volume kedua, yaitu Kisah Para Rasul, akan berkaitan dengan apa yang Yesus TERUSKAN untuk dilakukan dan  diajarkan. Kitab Kisah Para Rasul tidak hanya berisikan kisah-kisah  para rasul, tetapi juga kisah-kisah  kebangkitan, Yesus yang hidup.


Kemudian kita mendapatkan bahwa Lukas menyebutkan  tiga hal yang diperlukan para rasul agar mereka menjadi  instrumen-instrumen yang dapat dipergunakan oleh  Yesus untuk melaksanakan  dan memperkatakan firmannya.


  • Pertama, mereka memerlukan pengesahan oleh Roh atas  penugasan atau perintah dari Tuhan.  Sehingga ayat 2 berkata ia  telah memberikan perintah melalui Roh Kudus. 
  • Kedua, mereka memerlukan verifikasi bahwa Yesus sungguh-sungguh hidup dan menang atas kematian. Sehingga ayat 3a  berkata bahwa Yesus memperlihatkan diri kepada mereka bahwa ia hidup setelah kematiannya dengan banyak bukti penampilannya selama 40 hari. 
  • Ketiga, mereka membutuhkan lebih banyak lagi instruksi mengenai kerajaan Tuhan. Sehingga ayat 3b berkata bahwa ia  meluangkan waktunya dalam 40  hari tersebut, antara kebangkitannya dan kenaikannya untuk berbicara mengenai kerajaan surga kepada mereka.

Pentingnya Dibaptis dengan Roh Kudus

Ini adalah bagian dimana kita berhenti pada bagian sebelumnya. Tetapi pada ayat 4 dan 5 dan selanjutnya memperlihatkan bahwa ada hal yang jelas-jelas krusial bahwa para rasul dalam rangka menjadi sarana-sarana yang paling efektif harus berada didalam tangan  Yesus yang hidup. Mereka harus dibaptis dengan Roh Kudus.
Ia melarang mereka meninggalkan Yerusalem, dan menyuruh mereka tinggal di situ menantikan janji Bapa, yang--demikian  kata-Nya--"telah kamu dengar dari pada-Ku.Sebab Yohanes membaptis dengan air, tetapi tidak lama lagi kamu akan dibaptis dengan Roh Kudus."[Kisah Para Rasul 1:4-5]

Tiga tahun sebelumnya Yohanes pembaptis telah memimpin sebuah gerakan pembaharuan  dikalangan  orang-orang Yahudi dalam durasi waktu singkat dengan menyerukan pertobatan dan menerima pengampunan atas dosa-dosa mereka dan dibaptis sebagai sebuah tanda relasi yang baru dengan Tuhan (Lukas 3:3). Tetapi Yohanes memperjelasnya kala itu bahwa Messias akan datang segera dan akan membaptis orang-orang tidak hanya dengan air tetapi didalam Roh Kudus. Dalam Lukas 3:16 ia  berkata :
Aku membaptis kamu dengan air, tetapi Ia yang lebih berkuasa dari padaku akan datang dan membuka tali kasut-Nyapun  aku tidak layak. Ia akan membaptis kamu dengan Roh Kudus dan dengan api.

Sehingga didalam Kisah Para Rasul 1:5 Yesus berkata,"Sebab Yohanes membaptis dengan air, tetapi tidak lama lagi kamu 
akan dibaptis dengan Roh Kudus."Yohanes membenamkanmu didalam air; aku akan membenamkan engkau didalam Roh Kudus.

Yohanes membuatmu basah kuyup didalam air; Aku akan membuatmu basah kuyup didalam Roh Kudus. Ini adalah hal keempat  yang diperlukan dalam rangka agar kehidupanku menjadi sarana efektif didalam dunia ini. Kamu harus dibaptis didalam  Roh Kudus.

Sekarang apakah baptisan Roh Kudus ini? Apa yang mereka perlukan dan apa yang mereka dapatkan ketika hal ini terjadi? Apa yang telah terjadi pada Hari Pentakosta.

Mari kita mulai melihat pada apa yang telah terjadi ketika hari yang dinantikan itu terjadi. Kisah Para Rasul 2:1-4  Ketika tiba hari Pentakosta, semua orang percaya berkumpul di satu tempat. Tiba-tiba turunlah dari langit suatu bunyi seperti tiupan angin keras yang memenuhi seluruh rumah, di mana mereka duduk;dan tampaklah kepada mereka lidah-lidah  seperti nyala api yang bertebaran dan hinggap pada mereka masing-masing.Maka penuhlah mereka dengan Roh Kudus, lalu  mereka mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain, seperti yang diberikan oleh Roh itu kepada mereka untuk  mengatakannya.

Dipenuhi dengan Roh

Sehingga saat baptisan dengan Roh terjadi, peristiwa ini  sebuah angin perkasa yang membenamkan dan memenuhi seluruh rumah dengan suara. Efek pada para murid adalah mereka dipenuhi dengan Roh (perhatikan kata dalam ayat 4 "Maka penuhlah mereka dengan Roh Kudus"). Lidah-lidah api nampak pada setiap mereka dan mereka mulai berkata-kata dalam bahasa yang mereka tidak kenali.

Ayat 11 berkata kepada kita apa yang mereka katakan :"baik orang Yahudi maupun penganut agama Yahudi, orang Kreta dan orang Arab, kita mendengar mereka berkata-kata dalam bahasa kita sendiri tentang perbuatan-perbuatan besar yang dilakukan Allah." Jadi apa yang memenuhi mereka adalah sebuah pemahaman keagungan Tuhan yang menyeluruh dan sebuah pemahaman atas keajaiban perbuatan-perbuatannya. Roh telah memenuhi mereka dengan  visi Tuhan sendiri dan  hasrat  terhadap Tuhan dan kata-kata pujian profetik.

Bersambung

John Piper, You Will Be Baptized with the Holy Spirit | Martin Simamora

P O P U L A R - "Last 7 days"