0 Dipelihara Oleh Kesetiaan Tuhan :Semua Orang yang Dipilih-Nya Dari Semula, Mereka Juga Ditentukan-Nya Dari Semula...

Penerapan Luar Biasa Doktrin Panggilan Tuhan

Jawaban untuk pertanyaan ini akan memperlihatkan kepada kita betapa praktisnya doktrin panggilan Tuhan bagi kehidupan sehari-hari. Bagi mereka yang memandang serius seluruh hal yang berasal dari Tuhan, satu dari banyak isu praktis yang kita hadapi adalah bagaimana kita dapat menjadi yakin bahwa iman yang kita miliki saat ini akan juga kita miliki dalam 10 tahun.


Anda lihat bab 15 pada 1 Korintus (ayat 1-2),"kepada Injil yang aku beritakan kepadamu dan yang kamu terima,Oleh Injil itu kamu diselamatkan, asal kamu teguh berpegang padanya,--kecuali kalau kamu telah sia-sia saja menjadi percaya." Dan Kolose 1:23 berkata bahwa kita ditempatkan tanpa cela dihadapan Kristus,jika "bertekun dalam iman, tetap teguh dan tidak bergoncang, dan jangan mau digeser dari pengharapan Injil."

Tanpa ketekunan kita tidak akan selamat pada hari Kristus--"Tetapi orang yang bertahan sampai pada kesudahannya ia akan selamat"(Markus 13:13). Tetapi kemudian  apa yang menjadi jaminan? Dan tanpa jaminan apa yang menjadi suka cita, dan tanpa suka cita apa yang menjadi kasih dan  semangat? Ini sungguh isu praktis yang luar biasa!

Komitmen Tuhan yang Menjaga Kita Tetap Percaya

Jawaban diberikan dalam ayat dari teks kita :"Ia juga akan meneguhkan [KOKOH DAN STABIL] kamu sampai kepada kesudahannya, sehingga kamu tak bercacat pada hari Tuhan kita Yesus Kristus." Dengan kata lain, jaminan bagi orang percaya bukan pada Tuhan akan menyelamatkan anda sekalipun anda berhenti memercayainya, tetapi bahwa Tuhan akan menjagainya agar tetap percaya--Tuhan akan menopang anda dalam iman, Ia akan membuat pengharapanmu pasti/teguh dan stabil hingga kesudahannya. Ia akan menyebabkan anda bertekun.Itulah janjinya. Sekarang apakah dasar dari janji itu? Ayat 9 mengatakan kepada kita : Tuhan setia!

Tapi tunggu sebentar. Mengapa kesetiaan Tuhan harus berkewajiban untuk menjaga saya agar tetap  memercayainya? Paulus memberikan jawaban dalam kalimat berikutnya :"Tuhan itu setia yang olehnya kamu dipanggil." Apakah kamu melihat hubungan antara panggilan Tuhan dan kesetiaan Tuhan? Poin pada hubungan ini adalah ini: jika Tuhan sudah memanggil anda, maka kesetiaannya berkewajiban memelihara anda--menjaga anda untuk bertekun dalam iman. (sama dengan 1 Tesalonika 5:23f) tetapi mengapa? Mengapa kesetiaan Tuhan  menjadi tiang pancang dalam ketekunan bagi mereka yang telah dipanggil?


Jika panggilan Tuhan hanyalah sebuah undangan untuk datang dan menikmati persekutuan dengan Anaknya, maka kesetiaan Tuhan tidak mewajibkannya untuk menjagai kita bila mana kita mencoba meninggalkanya. Tidak, alasan kesetiaannya menjadi tonggak dalam ketekunan kita--alasan Ia berkomitmen untuk menjagai kita dalam iman--adalah karena panggilannya mengokohkan pilihannya bahwa kita harus dibawa kepada kemuliaan. "Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula, mereka juga ditentukan-Nya dari semula .Dan mereka yang ditentukan-Nya dari semula, mereka itu juga dipanggil-Nya. Dan mereka yang dipanggil-Nya, mereka itu juga dibenarkan-Nya. Dan mereka yang  dibenarkan-Nya, mereka itu juga dimuliakan-Nya" (Roma 8:29-30).

Apakah yang menjadi tonggak dalam ketekunan kita adalah tujuan pemilihan Tuhan (Roma 9:11). Itu mengapa kesetiaannya dipertaruhkan. Jika Tuhan telah memilih kita bagi dirinya sendiri (Efesus 1:4), jika ia telah menetapkan kita untuk kemuliaan ( 1 Korintus 2:7), maka kesetiaanya membuatnya berkomitmen untuk memelihara kita dalam iman. Karena diluar iman tidak ada persekutuan dengan Tuhan dan tidak ada kemuliaan.

Kenalilah Siapakah anda!

Jadi saya tutup pengajaran ini dengan mendorong anda untuk memahami diri anda dalam relasi dengan Tuhan. Ketika anda melihat kebelakang, mengetahui diri anda sebagai yang sudah dipanggil oleh Tuhan. Ketika anda melihat kedepan, mengetahui diri anda dipelihara oleh Tuhan. Apa yang telah terjadi, menjadikan anda sebagai seorang Kristen adalah berseru pada Tuhan. Apa yang akan terjadi untuk menjagamu sebagai seorang Kristen adalah kesetiaan Tuhan. Kenalilah siapakah anda!!Dipanggil oleh Tuhan! Dipelihara oleh Tuhan!

Janganlah berkata kepada dirimu : tidak ada pengharapan bagiku karena saya tidak berada diantara bilangan itu. Kemerdekaan Tuhan dalam memanggil orang - orang berdosa dimaksudkan untuk memberikan pengharapan, bukan untuk mengambil pengharapan. Ini berarti tidak ada yang terlampau buruk. Tidak ada yang terlalu sukar. Tidak ada yang terlalu jauh. Tuhan itu  merdeka. Tuhan itu kaya bagi semua yang dipanggil kepadanya. Lihat betapa luasnya ayat 2 : ia menulis "semua orang di segala tempat, yang berseru kepada nama Tuhan kita Yesus Kristus, yaitu Tuhan mereka dan Tuhan kita." Setiap orang yang berseru pada nama Tuhan akan diselamatkan (Roma 10:13). Jika anda dapat memanggilnya, anda sudah dipanggil.

Selesai

John Piper,Sustained by the Faithfulness of God | Martin Simamora

P O P U L A R - "Last 7 days"