0 SUDAH : Bebas Secara PASTI dan Tidak Dapat Ditarik Kembali, BELUM : Bebas Tuntas dan Sempurna

Apa yang kita pelajari dari Roma 6 dan 7 adalah: bahwa ketika kita mempercayakan diri kepada Kristus sebagai Juru selamat dan Tuhan (sebagai harta karun), kita disatukan dengan Kristus (Roma 6:5; 7:4). Dalam kesatuan kita bersama Kristus kita mati (Roma 6:8; Kolose 2:20; 3:3) dan bangkit kembali (Roma 6:4; Kolose 2:12; Efesus 2:6). Oleh karena itulah sebuah ciptaan baru yang pasti dan tidak dapat ditarik kembali telah  hadir ( 2 Korintus 5:17), dan kebebasan yang pasti dan tidak dapat ditarik kembali telah terjadi (Roma 6:154,18). Kita  melewati kematian menuju hidup yang  kekal. Penghakiman yang sudah menanti kini sudah dibelakang kita-di Golgota (Yohanes 5:24). Kita telah pindah dari penguasaan kegelapan menuju kedalam kerajaan Anak/Yesus Kristus (Kolose 1:13).


Tetapi kita juga telah belajar bahwa kebebasan kita dari dosa belumlah tuntas/seutuhnya dan sempurna. Pasti dan  tidak dapat ditarik kembali, Ya! Tetapi Tuntas dan sempurna, Tidak! Dosa masih berdiam dalam diri kita (Roma  7:17,20). Kejahatan ada dalam diri kita (Roma 7:21). Keinginan daging adalah pencipta masalah sehari-hari bagi jiwa kita (Roma 7:25). Kita belumlah sempurna atau telah memiliki upah dan mahkota kita (Filipi 3:12). Kita adalah pembohong jika kita berkata kita tidak berdosa (1 Yohanes 1:8,10).

Bagaimana kemudian rasul Paulus mengajarkan kita untuk menjalani kehidupan? Akankah ia berkata :" Anda adalah ciptaan baru yang pasti dan tidak dapat ditari kembali, sehingga anda dapat mengarungi seluruh hidupmu tanpa perlu berjuang untuk menjadi baru? Atau akankah ia berkata :"anda bukan ciptaan baru yang pasti dan tidak dapat ditarik kembali dan harus berjuang untuk mendapatkan tempat itu didalam Kristus?". Tidak keduanya. Ia akan berkata :"Oleh iman, kita memperoleh semua yang Tuhan berikan demi kebaikanmu didalam Kristus dan kamu semua bagi kemuliaan-Nya didalam Kristus. Percayalah. Dan sekarang, dengan keyakinan ini, berjuang untuk mengambil kepemilikan area yang telah Kristus taklukan bagimu. Berjuang  untuk mempraktekan hidup yang didalam Kristus. "Delapan ilustrasi mengenai kebenaran ini:


  1. Pernyataan dalam keadaan baru : Roma 6:14, "Sebab kamu tidak akan dikuasai lagi oleh dosa, karena kamu tidakberada di bawah hukum Taurat, tetapi di bawah kasih karunia." Perintah untuk menjadi baru : Roma 6:12 "Sebab itu hendaklah dosa jangan berkuasa lagi di dalam tubuhmu yang fana, supaya kamu jangan lagi menuruti keinginannya."
  2. Pernyataan dalam keadaan baru : Roma 6:18 "Kamu telah dimerdekakan dari dosa dan menjadi hamba kebenaran." Perintah untuk menjadi baru: Roma 6:19" kamu sekarang harus menyerahkan anggota-anggota tubuhmu menjadi hamba  kebenaran."
  3. Pernyataan dalam keadaan baru : Roma 6:6," manusia lama kita telah turut disalibkan." Perintah untuk menjadi baru : Roma 6:11 "kamu telah mati bagi dosa"
  4. Pernyataan dalam keadaan baru : Kolose 3:9 "Jangan lagi kamu saling mendustai, karena kamu telah menanggalkan manusia lama serta kelakuannya." Perintah untuk menjadi baru : Efesus 4:22,"harus menanggalkan manusia lama, yang menemui kebinasaannya oleh nafsunya yang menyesatkan."
  5. Pernyataan dalam keadaan baru : Kolose 3:10 "elah mengenakan manusia baru yang terus-menerus diperbaharui untuk memperoleh pengetahuan yang benar menurut gambar Khaliknya." Perintah menjadi baru : Efesus 4:24, "dan mengenakan manusia baru, yang telah diciptakan menurut kehendak Allah di dalam kebenaran dan kekudusan yang sesungguhnya."
  6. Pernyataan dalam keadaan baru : Galatia 3:27 "Karena kamu semua, yang dibaptis dalam Kristus, telah mengenakan Kristus." Perintah untuk menjadi baru : Roma 13:14,"Tetapi kenakanlah Tuhan Yesus Kristus."
  7. Pernyataan dalam keadaan baru : Galatia 5:24 ,"Barangsiapa menjadi milik Kristus Yesus, ia telah menyalibkan daging dengan segala hawa nafsu dan keinginannya." Perintah untuk menjadi baru: Roma 13:14 b, "janganlah merawat tubuhmu untuk memuaskan keinginannya."
  8. Perintah untuk menjadi baru : 1 Korintus 5:7a, "Buanglah ragi yang lama itu, supaya kamu menjadi adonan yang baru." Perintah menjadi baru : 1 Korintus 5:7b,"...sebab kamu memang tidak beragi."

Diperbaiki dalam keadaan baru dan berjuang menjadi baru-dengan mu,

Pastor John Piper ,Already: Decisively and Irrevocably Free, Not Yet: Finally and Perfectly Free | Martin Simamora

P O P U L A R - "Last 7 days"