F O K U S

Nabi Daud Tentang Siapakah Kristus

Ia Adalah Seorang Nabi Dan Ia Telah   Melihat Ke Depan Dan Telah Berbicara Tentang Kebangkitan Mesias Oleh: Blogger Martin Simamora ...

0 Bukti, Aku Ingin Bukti

Percakapan dibawah ini dimulai saat saya mengejar seseorang yang masuk kedalam sebuah ruang bicara (chat room) dan menyajikan berbagai hal yang sangat menajiskan dan merendahkan Yesus. Ia membanjiri forum dengan teks-teks yang menghujat. Saya tahu bahwa orang ini pasti akan dikeluarkan dari forum ini, lantas saya segera membuka percakapan privat dengannya sehingga saya tidak kehilangan kontak dengannya dan berharap dapat bersaksi padanya, walaupun saya  memiliki kekuarangan-kekurangan. Dialog dibawah ini adalah percakapan yang terjadi saat itu. Akan tetapi saya menghapus bahasa-bahasa kasar/tidak pantas. Ia juga menulis dengan huruf besar semua.


Matt : saya tidak marah dengan anda. Hanya penasaran.
Dan: STOP MEMBODOHI DIRIMU DENGAN INI *****. ALKITAB DITULIS OLEH SEORANG MANUSIA...SESEORANG MENCIPTAKAN ALKITAB.

Matt : Sebenarnya, Alkitab ditulis oleh sekitar 40 orang selama lebih dari 1600 tahun. Sangat tidak mungkin alkitab  dibuat oleh satu orang.

Dan : YA...DAN BAGAIMANA KAMAU MEMPERCAYAI KATA-KATA MANUSIA? ALKITAB SEMUANYA KEBOHONGAN

Matt : saya melakukan banyak riset. Lalu apa yang didalam Alkitab adalah kebohongan-kebohongan?

Dan : YESUS ITU MANUSIA BIASA SEPERTI KAMU DAN SAYA

Matt : Bagaimana kamu mengetahuinya? Bagaimana kamu bahkan  tahu bahwa Yesus pernah hidup?

Dan : [ DAN, bukan nama sesungguhnya, menuliskan sebuah situs yang sangat menyerang kekristenan]

Matt : Oke, website yang bagus. Lalu mengapa dengan kebencian itu?
Dan :ITU BUKAN BENCI...ITU KEBENARAN.

Matt : lalu apa itu kebenaran? Kamu bahkan bahkan  belum mengatakan substansi apapun. Semua yang telah kamu lakukan adalah mengutuk.{kata kutukannya dihapus]

Dan : AGAMA HANYALAH SEBUAH ALAT  YANG DIGUNAKA OLEH FANATIK SEPERTI ANDA*****UNTUK MEMBODOHI MANUSIA. SAYA DAPAT MEMBUKTIKAN SEMUA AGAMA SALAH.

Matt : Agama adalah sebuah alat bagi banyak orang. Agama telah digunakan oleh banyak orang untuk mengontrol yang lain
Matt : ada banyak orang gila di luar sana.

Dan: BAGAIMANA BISA SEORANG MANUSIA MENJADI TUHAN PENCIPTA KETIKA SEORANG MANUSIA DAPAT MENCIPTAKAN SEORANG MANUSIA?

Matt : Itu bukanlah sebuah pertanyaan yang logikal. Bisa ada seorang kreator...dan manusia memang dapat menciptakan. Hanya karena manusia dapat membuat benda-benda tidak berarti bahwa Tuhan tidak ada.
Dan : SAYA TIDAK BERKATA TUHAN TIDAK ADA...SAYA MENCOBA MEMBUKTIKAN TAURAT, ALKITAB DAN QURAN SALAH

Matt : Saya dapat membantu anda dengan Quran. Tetapi saya harus mengakui Alkitab lebih menarik bagi saya.
DAN : LOL ..APAPUN BUNG... KAMU DIBUTAKAN OLEH KEBODOHAN...LOL APAKAH ANDA GILA?

Matt : Tidak, saya tidak bodoh. Apa yang anda asumsikan sebagai benar  terkadang akan  terbukti benar jika semua yang anda cari adalah apa yang anda inginkan sebagai benar. Ada hal yang lebih dari dunia ini dari apa yang anda pahami.
DAN : SAYA TIDAK AKAN MEMPERCAYAI APAPUN KECUALI SAYA  MELIHAT KEBENARAN ITU DIHADAPAN SAYA...SAYA TIDAK PERNAH PERCAYA BAHWA SESEORANG DAPAT MENYEMBUHKAN  ORANG BUTA 2000 TAHUN LALU.

Matt : baiklah, saya tidak berpikir bahwa itu adalah pernyataan yang sangat logis  bagi anda untuk dikemukakan. Maksud saya, dapatkah ibumu memperbaiki ibumu? Apakah kamu  melihat atau melahirkan?Apakah  kamu mengingatnya? Dapatkah kamu membuktikannya? Jika kamu tidak mempercayai apapun kecuali melihatnya sendiri, lalu bagaimana kamu tahu bahwa kamu memiliki organ internal tubuhmu?

Dan: YA... MEREKA MELAKUKAN SEBUAH TES DNA PADA DIRI SAYA LALU ITU AKAN TERBUKTI...

Matt : Akankah kamu mengamati mereka melakukan tes DNA dan akankah kamu melihat hasil-hasil dan memahami semuanya? Atau akan kamu semata percaya dengan apa yang mereka katakan kepadamu? Saya hanya mencoba memperlihatkan bahwa kamu tidak konsisten dalam berpikir logis.

Dan: YA....TIDAK  HARUS MELAKUKAN HAL ITU...
Matt : Bagaimana Kamu mengetahuinya?
Dan : MENGAPA SAYA HARUS MELAKUKAN HAL ITU...
Matt : Karena kamulah yang mengatakan kepada saya bahwa kamu tidak akan percaya apapun kecuali kemu melihatnya  sendiri.

Dan : BERIKAN SAYA SEBUAH ALASAN MENGAPA SAYA HARUS MEMBUKTIKAN BAHAAWA SAYA ANAK IBUKU.

Matt : Saya semata mengikuti kriteriamu, standarmu, itu hanyalah sebuah contoh. Ngomong-ngomong, saya memiliki sebuah website besar dimana saya meletakan beragam dialog dari berbagai percakapan ril dengan orang-orang. Karena ini adalah percakapan privat, saya harus meminta izin kepada anda. Apakah boleh, jika saya ingin meletakan dialog ini didalam website saya? Jika kamu bilang tidak, tidak masalah.
Dan : TIDAK MASALAH BAGI SAYA
Matt : Terima kasih
Dan : SAYA SELALU INGIN BUKTI..SAYA TIDAK AKAN MENGIKUTI SESUATU SECARA BUTA
Matt: apapun itu, saya telah mencoba mendemonstrasikan bahwa logika anda tidak terlalu baik. Jika itu adalah kriteriamu bahwa anda menggunakannya untuk mendemonstrasikan kebenaran, maka anda menjadi tidak konsisten. Jika anda  menjadi tidak konsisten, lalu bagaimana anda dapat mengetahui apa itu kebenaran sesungguhnya?
Dan : KARENA ALKITAB HANYA TERTULIS MAKA TIDAK MEMADAI

Matt : Bukti adalah hal  yang dapat dinegosiasikan. Orang yang berbeda memerlukan jumlah verifikasi yang berbeda sebelum hal itu dinyatakan sebagai bukti. Dan saya setuju. Hanya karena tertulis di Alkitab tidak lantas itu adalah kebenaran. Harus ada sesuatu mengenai Alkitab, atau yang terkandung didalam Alkitab, yang akan membuatnya berbeda dari karya-karya lainnya. Jika anda tertarik, saya dapat mengatakan beberapa hal tersebut. Dan anda dapat mengamatinya sendiri.

Dan ; Katakan pada saya

Matt : saya akan menuliskan beberapa ayat disini dan menjelaskan kepada anda tentang apa itu. Saya tidak akan mengarahkan atau melakukan apapun, oke?

Dan : OKE

Matt :kekuatanku kering seperti beling, lidahku melekat pada langit-langit mulutku; dan dalam debu maut Kauletakkan  aku.Sebab anjing-anjing mengerumuni aku, gerombolan penjahat mengepung aku, mereka menusuk tangan dan kakiku.Segala tulangku dapat kuhitung; mereka menonton, mereka memandangi aku.Mereka membagi-bagi pakaianku di antara mereka, dan mereka membuang undi atas jubahku.

Dan : INI SESUATU MENGENAI PENYALIBAN

Matt : Ya kamu benar. Ayat ini berasal dari Mazmur 22. Mazmur ini ditulis kira-kira 1000 tahun sebelum Kristus lahir. Kenyataannya,Mazmur ini dimulai dengan "Allahku, Allahku, mengapa Engkau meninggalkan aku?" kalimat yang dikutip oleh Yesus di kayu salib. Poinnya ini. Alkitab mengandung nubuat, nubuat rinci mengenai Kristus, yang telah terbukti terjadi. Tidak ada kitab lain yang memiliki hal seperti ini.
Dan : BAGAIMANA KAMU TAHU BAHWA ITU DITULIS 1000 TAHUN SEBELUM KRISTSU...APAKAH KAMU MEMILIKI BUKTI-BUKTI UNTUK MENDUKUNG KLAIM-KLAIM ANDA?

Matt : itu pertanyaan bagus. Ini jawabannya.
Matt : Perjanjian Lama selesai sekitar  tahun 400 SM. Ini adalah fakta historis dan tak seorangpun dimanapun dengan level edukasi apapun yang telah mempelajarinya yang tidak menyetujuinya. Pada tahun 1940-an seorang penggembala anak laki-laki di daerah Israel tanpa sengaja menemukan sebuah periuk yang penuh berisi naskah-naskah kuno. Beberapa diantaranya tertanggal sekitar 100 tahun sebelum Kristus (SM).

Dan : TUHAN SENDIRI YANG MENGETAHUI MASA DEPAN...TETAPI SEORANG SEJARAHWAN SAJA DAPAT MENGUBAH MASA LALU...JADI...TAK SEORANG SEJARAHWAN YANG LAYAK DIPERCAYA SECARA IMPLISIT.

Matt : namun demikian, Perjanjian Lama dapat diverifikasi telah ditulis sebelum Kristus lahir. Oleh karena itu Mazmur ditulis lama sebelum Yesus dilahirkan. Ada  cukup bukti arkeologi untuk mengokohkan validitas dan ketepatan  Perjanjian Lama.

Dan : ANDA MENGATAKAN BAHWA MAZMUR TELAH DITULIS 1000 TAHUN SEBELUM KRISTUS LAHIR...SAYA INGIN BUKTI DARI ANDA.

Matt : Baiklah, hal yang mungkin sulit untuk menampilkan disini di teks pembicaran.
Matt : Jika saya mengutip pakar-pakar Alkitab untukmu,akankah kamu mempercayai mereka?

Dan : TIDAK...SAYA PERCAYA APA YANG SAYA LIHAT...TIDAK APA YANG SAYA DENGAR.

Matt : Andaikan saya harus menunjukan kepada anda buku-buku atau majalah-majalah yang mendiskusikan isu arkeologi dan mendemonstrasikan bahwa Perjanjian Lama ditulis sebelum Kristus, akankah kamu mempercayainya?
Dan : BERIKAN KEPADA SAYA SEBUAH TAUTAN...TETAPI ARGUMEN MEREKA CACAT... MEREKA TIDAK DAPAT MENENTUKAN HARI KELAHIRAN YESUS SECARA TEPAT...MEREKA BAHKAN TIDAK DAPAT MENGATAKAN JIKA KRISTUS PERNAH ADA...HAL ITU SEMATA DIDASARKAN PADA SPEKULASI-SPEKULASI DAN DUGAAN-DUGAAN. TIDAK ADA KEBENARAN SEJATI...ALKITAB ADALAH SEBUAH BUKU YANG TELAH DIUBAH DARI GENERASI KE GENERASI...TAK SEORANGPUN YANG SUNGGUH TAHU SIAPA PENULISNYA.

Matt : Saya memiliki sebuah tautan untuk kamu. Itu mengenai Septuaginta. Septuaginta adalah terjemahan Yunani dari  Perjanjian Lama berbahasa Ibrani yang rampung sekitar tahun 250 sebelum Kristus. http://www.septuagint.net ini dapat  digunakan untuk menunjang premis bahwa Mazmur ditulis sebelum Kristus lahir. Sekarang, sejauh Alkitab berubah dari generasi ke generasi. Bukan itu masalahnya. Perjanjian Baru misalnya, memiliki ribuan salinan kuno yang keberadaannya sangat dekat dengan masa Kristus hingga beberapa ratus tahun lampau. Jika Alkitab tekah dirubah, maka perubahan-perubahan akan menjadi bukti didalam salinan-salinan selama berabad-abad. Perjanjian Baru, untuk melanjutkan contoh, 99%  murni secara teks. Itu berarti bajwa semua dokumen kuno Perjanjian Baru, hanya memiliki sedikit penyimpangan manuskrip. Hampir semua penyimpangan adalah perubahan  susunan kata, salah eja, dan lain-lain. Penyimpangan itu tidak mempengaruhi arti dan keakuratan teks.

Dan : LOL KAMU TIDAK PERCAYA JIKA SAYA KATAKAN SAYA TELAH MELIHAT 100 VERSI LEBIH ALKITAB...ADA PENGKHOTBAH-PENGKHOTBAH YANG DATANG KE RUMAH SAYA SETIAP HARI DAN MENGATAKAN KEPADA SAYA BAHWA YESUS LAHIR DI AMERIKA.

Matt : baiklah, saya tidak tahu apa yang dikatakan pengkhotbah-pengkhotbah itu kepadamu bahwa Yesus lahir di Amerika. Tetapi Mika 5:2 (Ini ada didalam Perjanjian Lama, ditulis 500 tahun sebelum Kristus lahir) mengatakan kepada kita bahwa Yesus lahir di Betlehem. Juga, semua pengkhotbah  yang saya tahu, mengacu kepada alkitab dan apa yang dikatakan alkitab.

Dan : NAH LIHAT KAN...KEKRISTENAN ITU CACAD...KARENA ADA BERBAGAI VERSI ALKITAB...BAGAIMANA SAYA TAHU YANG MANA SUNGGUH-SUNGGUH ALKITAB. APAKAH SEMUANYA RIL? APAKAH ALKITAB FIRMAN TUHAN ATAU BUKAN?
Matt :  Alkitab yang sebenaranya bukanlah isunya. Alasan mengapa kamu memiliki versi-versi Alkitab yang berbeda bukan karena mereka saling bertentangan, tetapi karena perubahan bahasa dan  terjemahan-terjemahan pada dasarnya mengikuti perubahan-perubahan bahasa seiring waktu. Itu saja. Juga bahasa Yunani (bahasa yang digunakan dalam Perjanjian Baru) adalah bahasa yang sangat kuat dan menarik. Menerjemahkannya kedalam  bahasa Inggris tidak selalu memberikan kedalaman yang penuh dalam artinya. Ada bayang-bayang dalam pemaknaan dalam Bahasa Yunani yang  kadang tidak ada didalam bahasa Inggris. Oleh karena itu satu terjemahan bisa memiliki sedikit perbedaan dalam penekanan pada hal lain.

Matt : Tetapi ini dapat terjadi saat menerjemahkan bahasa apapun kedalam bahasa lain. Saya harap ini tidak terkesan sombong, tetapi saya menjalani 4,5 tahun mempelajari bahasa Yunani di akademi dan Universitas. Jadi saya dapat  mengambil sebuah Perjanjian Baru dalam Bahasa Yunani dan saya dapat mengatakan kepada anda bahwa ini diterjemahkan dengan tepat didalam alkitab-alkitab masa kini.

Dan : KAMU HARIS MENERIMA KEBENARAN...BAHWA TIDAK ADA BUKTI BAHWA MAZMUR TELAH DITULIS 1000 TAHUN SEBELUM KRISTUS..

Matt : ya ada buktinya. Septuaginta adalah bukti yang memadai untuk mendemonstrasikan bahwa Perjanjian Lama telah dituliskan sebelum Perjanjian Baru ada. Ini akan membawa kita kepada sebuah poin yang menarik. Jika ini adalah kebenaran bahwa Mazmur ditulis sebelum Kristus lahir, maka pennggambaran penyaliban akan bermakna bagimu, bahwa ada beberapa validitas nubuat Alkitab. Tetapi bila anda tidak ingin mempercayai Alkitab, dan anda tidak membolehkan dirimu untuk mempercayai bukti yang didukung oleh penulis purba dari Mazmur.
Dan : YAH BENAR...TETAPI SAYA TIDAK DAPAT MELIHAT KEBENARAN...HAL ITU TIDAK CUKUP BAGI SAYA UNTUK MENERIMA...HANYA KARENA BEBERAPA SEJARAHWAN MENERJEMAHKAN MAZMUR TIDAK BERARTI APAPUN BAGI SAYA.

Matt : Apa yang akan anda akui sebagai validitas? Ini sebuah link lainnya yang dapat anda amati di web mengenai Mazmur. http://www.brite.tcu.edu/people/Faculty/Craven/Psalms/introduction.html#timeframe . sekali lagi, apa yang  dapat membentuk bukti memadai bagi anda agar memvalidasi kebenaran nubuat Alkitab?

Dan : JIKA ANDA MEMBAWAKAN KEPADA SAYA TAURAT...TAURAT BERUSIA 1000 TAHUN DAN MEREKA MEMVERIFIKASI BAHWA KERTAS YANG DIGUNAKAN UNTUK MEMBUAT KITAB ITU BERUSIA 1000 TAHUN DAN KEMUDIAN MEREKA MEMBAWAKAN SAYA TUBUH KRISTUS DAN  MEMVERIFIKASI BAHWA  TUBUH ITU DISALIBKAN DAN ITU MEMANG TUBUH KRISTUS LALU SAYA AKAN PERCAYA KEKRISTENAN DAN SAYA PERGI KE GEREJA SETIAP HARI. TETAPI KARENA KAMU TIDAK DAPAT MELAKUKANNYA...MAKA SAYA AKAN MENOLAK KEKRISTENAN.

Matt : Kamu memiliki masalah disini. Permintaan-permintaanmu  agak mustahil, Nampaknya kamu memikirkan untuk membangun persyaratan-persyaratan yang tidak dapat dipenuhi. Jadi, saya benar dalam menyimpulkan bahwa isu dengan dirimu bukanlah apakah Alkitan adalah benar; namun lebih bukankan anda menginginkan sebuah alasan untuk menolak kebenarannya?
Dan : JADAI ITULAH IMANMU...IMANMU ADALAH ILOGIKAL YANG MUSTAHIL

Matt : bukan soal mustahil atau juga ilogikal. Sebuah demonstrasi validitas Perjanjian Lama memang dapat dibangun. Akan tetapi, Perjanjian Baru menyatakan bahwa Tubuh Kristus telah bangkit dan Yesus itu, yang mengklaim sebagai Tuhan dalam manusia, telah naik ke surga. Ia saat ini berdiam di surga dan akan datang kembali suatu saat kelak. Sehingga untuk mendapatkan tubuhnya adalah hal yang agak sulit. Para saksi mata dari Perjanjian Baru menuliskan apa yang mereka lihat. Mereka menulis tentang kebangkitan Kristus. Tidak ada alasan bagi mereka untuk berbohong, karena untuk melakukannya dapat berarti kematian mereka. Dalam budaya dimana mereka hidup, klaim mereka bahwa Kristus  adalah Mesias yang telah bangkit dari kematian, dapat menyebabkan bahaya bagi keluarga mereka, mata pencarian mereka dan bahkan kehidupan mereka...sebagaimana yang telah terjadi. Sangat logis untuk menyimpulkan bahwa mereka telah mengatakan kebenaran.

Dan : DISKUSI INI TIDAK MEMBAWA KITA KEMANAPUN SEBAGAIMANA YANG TELAH SAYA KATAKAN KEPADAMU...SAYA MENGINGINKAN SEBUAH BUKTI YANG VALID...SAYA TIDAK PERCAYA KEPADA SEJARAH...JUGA TIDAK KAPADA DUGAAN ORANG-ORANG.

Matt : Jika memang demikian yang anda inginkan, lalu mengapa tidak melihat  jika kamu hidup dengan cara yang demikian juga. Lihat, bila anda konsisten dalam apa yang anda minta sebagai bukti dan apa yang harus anda terima dengan iman. Dan kemudian lihat bila anda berlaku konsisten dalam apa yang anda minta sebagai bukti tentang siapa Kristus.

[dia berhenti disini,lantas saya tambahkan pernyataan terahir]

Matt : terimakasih untuk percakapan ini. Anda dapat selalu menghubungi saya melalui website saya, www.carm.org.Saya tidak dapat membantu tetapi berpikir betapa kecilnya kesaksian kita dapat selesai bila terlepas dari berkat Tuhan. Hanya Dia yang dapat membuka hatinya dan pikirannya sehingga mereka boleh melihat kebenaran Injil.
Matt Slick, Proof, I want proof - CARM | Martin Simamora

No comments:

Post a Comment

Anchor of Life Fellowship , Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri - Efesus 2:8-9