0 Apakah Anda Menabur Dalam Roh atau Daging?

Galatia 6:7-8
(7) Jangan sesat! Allah tidak membiarkan diri-Nya dipermainkan. Karena apa yang ditabur orang, itu juga yang akan dituainya.(8) Sebab barangsiapa menabur dalam dagingnya, ia akan menuai kebinasaan dari dagingnya, tetapi barangsiapa menabur dalam Roh, ia akan menuai hidup yang kekal dari Roh itu.

Pertanyaan Besar hari ini : Apakah anda menabur dalam Roh atau daging?


Ayat-ayat ini terkait langsung dengan keselamatan. Orang-orang  yang tak percaya, menabur dalam daging, akan menuai penghukuman kekal. sementara  itu orang-orang yang percaya, menabur didalam Roh, akan menuai hidup kekal. Semua orang yang tak melandaskan imannya dalam Yesus akan menuai kebinasaan.

Namun demikian, ayat-ayat ini juga berlaku untuk kita di kehidupan  saat ini. Galatia ditulis untuk orang-orang percaya--gereja-gereja di Galatia (Galatia 1:2 dan dari semua saudara yang ada bersama-sama dengan aku, kepada jemaat-jemaat di Galatia:). Tetapi orang-orang Kristen di Galatia telah hidup dalam kedagingan, dengan bodohnya mempercayai bahwa mereka dapat menyempurnakan dirinya dalam cara yang daging, sekalipun telah memulainya dalam Roh (Galatia 3:3). Jemaat Galatia telah mengembangkan sebuah pandangan legalistik, dengan menambahkan upaya-upaya manusia seperti sunat sebagai prasyarat keselamatan.

  • Galatia 3:3
Adakah kamu sebodoh itu? Kamu telah mulai dengan Roh, maukah kamu sekarang mengakhirinya di dalam daging?


Saat ini ada banyak orang yang berupaya menambahkan sejumlah bentuk usaha manusia untuk mendapatkan pemberian keselamatan yang cuma-cuma/anugerah. Tetapi kita telah diselamatkan oleh anugerah melalui iman dan bukan oleh berbagai upaya manusia.

  • Efesus 2:8-9
(8) Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah,(9) itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri.

Sedihnya, banyak orang Kristen yang berposisi ekstrim dan mengembangkan sebuah bentuk yang tak patut, mereka percaya bahwa mereka dapat hidup sebagaimana yang mereka suka karena mereka memiliki iman. Bahkan sekalipun tidak melakukan hal-hal yang jelas-jelas dosa, mereka sedang hidup dalam sebuah keadaan yang apatis, tidak mencari tuntunan Roh Kudus untuk menghasilkan  pekerjaan-pekerjaan baik dalam diri mereka.

Yakobus 2:20
Hai manusia yang bebal, maukah engkau mengakui sekarang, bahwa iman tanpa perbuatan adalah iman yang kosong?

Sementara kita diperintahkan, "Tetapi kenakanlah Tuhan Yesus Kristus sebagai perlengkapan senjata terang dan janganlah merawat tubuhmu untuk memuaskan keinginannya- Roma 13:14."Selanjutnya, "Maksudku ialah: hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging-Galatia 5:16."

Ini membawa kita kembali ke Galatia 6:7-8 dan aplikasinya bagi orang-orang Kristen. Apapun yang dilakukan didalam daging akan berakhir dalam kemusnahan. Hanya buah yang tumbuh dalam Roh Kudus akan berlangsung kekal.

1 Korintus 3:13-15
(13) sekali kelak pekerjaan masing-masing orang akan nampak. Karena hari Tuhan akan menyatakannya, sebab ia akan nampak dengan api dan bagaimana pekerjaan masing-masing orang akan diuji oleh api itu.(14) Jika pekerjaan yang dibangun seseorang tahan uji, ia akan mendapat upah.(15) Jika pekerjaannya terbakar, ia akan menderita kerugian, tetapi ia sendiri akan diselamatkan, tetapi seperti dari dalam api.

Banyak orang Kristen yang sungguh-sungguh hanya akan memiliki waktu yang sedikit untuk menyatakannya di dunia ini. Kita sebelumnya telah mendiskusikan pentingnya Menghargai Waktu, dan ini adalah hasil puncaknya jika kita gagal mematuhi perintah itu:  pekerjaan yang kita bangun didalam daging akan terbakar dan upahnya hilang. Janganlah hidup tanpa kehidupan yang berbuah.

Menaburlah dalam Roh, minta Tuhan untuk membantumu menghasilkan pekerjaan yang tahan uji

Martin Simamora |Are You Sowing to the Spirit or the Flesh?- Chuck McKnight |answersingenesis.org

P O P U L A R - "Last 7 days"