0 Roh Kudus dan Karya-Nya Didalam Diri Orang Percaya (Bag.1)

Waktu Yesus berada  di  bumi, Ia meminta kepada para pengikutnya untuk percaya dan mengikuti-Nya. Yesus berkata kepada murid-murid-Nya bahwa Ia harus pergi dan kembali ke tempat dimana Ia berasal, Surga (Yohanes 3:13; 6:38). Tetapi Ia tidak akan meninggalkan kita sendiri tanpa seorang Penolong; Yesus menyebut-Nya penghibur, (yang lain seperti dirinya). Dalam Yohanes 14:16, Yesus berkata kepada murid-muridnya, akan menjadi rasul-rasul bagi gereja " Dan Aku akan berdoa kepada Bapa, dan Dia akan memberikan kepadamu Penghibur lainnya, Ia akan tinggal didalammu selama-lamanya."  Yohanes 16:13-14 ,"ketika Ia, Roh Kebenaran itu telah datang, Ia akan menuntunmu kedalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak berkata atas dasar otoritasnya sendiri, tetapi Ia akan berkata segala sesuatu yang Ia dengar; dan Ia akan mengatakan kepadamu segala hal yang akan datang." Ia akan memuliakan aku, sebab Ia akan mengambil apa yang menjadi milik-Ku dan mendeklarasikannya kepadamu."

Yohanes 16:13-14
"Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.(14) Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku."
Roh Kudus mendengarkan berbagai hal dari Yesus; ini adalah komunikasi yang bersifat personal (hal yang sama seperti apa yang dilakukan Kristus dengan Bapa dalam Yohanes 3:32;7:16; 8:38, 12:49), dan Roh Kudus akan menyampaikannya kepada manusia yang juga dilakukan melalui komunikasi personal. Jalan utamanya melalui firman yang ditulis oleh para rasul.

Tuhan ingin menolong kita, Ia tidak tersembunyi. Ia ingin terlibat didalam semua aspek kehidupan kita. Sebelum kita diselamatkan, Tuhan telah bekerja melalui Roh Kudus yang Ia kirimkan "meyakinkan dunia akan dosa, dan kebenaran, dan penghakiman dosa, karena mereka tidak percaya kepada-Ku (Yohanes 16:8-9). Manakala seseorang percaya bahwa mereka adalah orang-orang yang berdosa maka mereka dapat datang kepada Yesus untuk memperoleh pengampunan.

Kepada mereka yang belum percaya, Roh Kudus memiliki sebuah pelayanan yaitu menuntun mereka kepada Yesus, Anak Allah. Roh Kudus diutus untuk meyakinkan orang-orang yang belum percaya kepada Yesus akan adanya dosa, kebenaran dan penghakiman.


  • Meyakinkan adanya DOSA- memperlihatkan-menginsafkan kepada mereka betapa berdosanya mereka, telah jatuh kedalam dosa, tak memenuhi standar Tuhan.

  • Meyakinkan adanya KEBENARAN- meyakinkan bahwa mereka tidak memiliki kebenaran didalam dirinya untuk dapat diterima oleh Tuhan.

  • Meyakinkan adanya  PENGHAKIMAN - dalam hal ini lebih dari sekedar bertemu mata dengan mata, bahwa ada sebuah waktu dimana mereka kelak harus mempertanggungjawab bagaimana mereka menjalani kehidupan mereka. Ada kehidupan setelah kehidupan di dunia ini, kita tahu bahwa ada kehidupan lain lebih dari kehidupan yang fana ini.

Secara sederhana kita dapat mengatakan bahwa- pekerjaan utama Roh Kudus adalah menginsafkan bahwa mereka berdosa  dan sangat membutuhkan kebenaran yang tak mereka miliki. Saat karya Roh Kudus  terus berkembang maka pada ahirnya orang tersebut akan mendengar tentang Yesus Kristus yang mengampuni dosa, Injil, sehingga mereka dapat diselamatkan.
Roh Kudus harus memiliki pengaruh moral dalam kehidupan kita dan dengan demikian menghasilkan buah-buah Roh Kudus. Roh Kudus adalah eksekutor natur Tuhan. Roh Kudus adalah sumber kelahiran baru dan membawa natur atau sifat-sifat Kristus didalam setiap individu orang percaya. Roh Kudus menyelaraskan kita dengan natur Kristus, yang adalah Tuhan sekaligus manusia yang sempurna. Ia mengungkapkan natur Tuhan dengan mentransformasi orang-orang percaya menjadi seperti Yesus saat berada di dunia. Berdiamnya Roh Kudus didalam diri orang percaya memulihkan gambar Tuhan didalam diri manusia yang telah rusak oleh kejatuhan manusia kedalam dosa, kini kita dapat merefleksikan kualitas-kualitas moral Tuhan dan berbagai karakter sebagaimana yang Tuhan kehendaki. Buah roh hanya dapat diperlihatkan kala kita berjalan didalam Roh. Semua kualitas ini adalah cerminan Yesus Kristus  kala  berada di dunia.


1 Korintus 12:13-14
(13) Sebab dalam satu Roh kita semua, baik orang Yahudi, maupun orang Yunani, baik budak, maupun orang merdeka, telah dibaptis menjadi satu tubuh dan kita semua diberi minum dari satu Roh.(14) Karena tubuh juga tidak terdiri dari satu anggota, tetapi atas banyak anggota.

Kita semua dilekatkan kedalam tubuh Kristus dan  kita bagian dari Roh Kudus yang sekarang berdiam dalam diri kita  dalam arti sesungguhnya.Semuanya ini disempurnakan oleh Iman, Efesus 3:17 "sehingga oleh imanmu Kristus diam di dalam hatimu dan kamu berakar serta berdasar di dalam kasih."

Roma 8:9
Tetapi kamu tidak hidup dalam daging, melainkan dalam Roh, jika memang Roh Allah diam di dalam kamu. Tetapi jika  orang tidak memiliki Roh Kristus, ia bukan milik Kristus.

Galatia 3:26-27
(26) Sebab kamu semua adalah anak-anak Allah karena iman di dalam Yesus Kristus.
(27) Karena kamu semua, yang dibaptis dalam Kristus, telah mengenakan Kristus.


Disini kita baru saja membaca "dibaptis dalam Kristus" oleh Roh, namun disini ada air baptisan. Seseorang harus sesegera mungkin dibaptiskan. Air baptisan adalah tanda Perjanjian Baru. Seperti halnya sunat untuk Perjanjian Abraham dan Sabbath bagi Perjanjian Musa.
Karena sekarang kita tahu, kita memiliki Penolong yang beserta dengan kita, didalam kita, maka kehidupan akan  mengalami perubahan radikal.

2 Korintus 6:16
Apakah hubungan bait Allah dengan berhala? Karena kita adalah bait dari Allah yang hidup menurut firman Allah ini: "Aku akan diam bersama-sama dengan mereka dan hidup di tengah-tengah mereka, dan Aku akan menjadi Allah mereka, dan mereka akan menjadi umat-Ku.

1 Korintus 6:19
Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, --dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri?

Roma 8:11
Dan jika Roh Dia, yang telah membangkitkan Yesus dari antara orang mati, diam di dalam kamu, maka Ia, yang telah membangkitkan Kristus Yesus dari antara orang mati, akan menghidupkan juga tubuhmu yang fana itu oleh Roh-Nya, yang diam di dalam kamu.


Setiap orang percaya dimeterai oleh Roh Kudus (Efesus 4:30 "Dan janganlah kamu mendukakan Roh Kudus Allah, yang telah memeteraikan kamu menjelang hari penyelamatan.") dan Roh Kudus yang mengurapi (1 Yohanes 2:27 'Sebab di dalam diri kamu tetap ada pengurapan yang telah kamu terima dari pada-Nya"). Sehingga setiap orang percaya "sudah diurapi" oleh Roh Kudus. Setiap orang percaya memiliki Roh Kudus jika tidak maka mereka tidak dapat dilahirkan kembali. Jika seorang percaya memiliki Roh Kudus, maka ia memiliki semua yang dimiliki Roh Kudus, karena Tuhan tidak dapat dibagi-bagi. Akan tetapi bagaimana kita mati terhadap diri sendiri dan tidak terpikat/terpesona oleh dunia ini dan daya tariknya, dan bekerjasama dalam kepatuhan terhadap Tuhan akan menentukan seberapa banyak Dia dapat menggunakan hidup kita. Yesus berjanji dalam Yohanes 7:38-39 "Barangsiapa percaya kepada-Ku, seperti yang dikatakan oleh Kitab Suci: Dari dalam hatinya akan mengalir aliran-aliran air hidup."Yang dimaksudkan-Nya ialah Roh yang akan diterima oleh mereka yang percaya kepada-Nya; sebab Roh itu belum datang, karena Yesus belum dimuliakan."

Bersambung

Martin Simamora | letusreason.org




P O P U L A R - "Last 7 days"