0 APAKAH YESUS DIBAPTIS SELAM?

by  Alfred Esra Soru
Kalau ada topik yang hangat diperdebatkan di kalangan orang Kristen, salah satunya tentu adalah tentang cara baptisan. Selam atau percik? Nah bagi sebagian orang yang memegang paham baptisan selam percaya bahwa itu harus dilakukan berdasarkan teladan dari Yesus Kristus sendiri karena Ia dibaptis secara selam oleh Yohanes Pembaptis. Tapi benarkah Yesus memang dibaptis selam?

Mereka yang beranggapan bahwa Yesus dibaptis selam mengatakan bahwa frase “keluar dari air” di dalam Mat 3:16 menunjukkan bahwa Yesus pasti dibaptis selam.

Mat 3:16 : Sesudah dibaptis, Yesus segera KELUAR DARI AIR dan pada waktu itu juga langit terbuka dan Ia melihat Roh Allah seperti burung merpati turun ke atas-Nya.

Tetapi apakah benar bahwa frase "keluar dari air" secara pasti berarti Yesus dibaptis selam? Menurut saya belum tentu demikian. Saya mempunyai 3 argumentasi untuk ini

1. Argumentasi Rasional 

Sesuatu yang keluar dari air pastilah sebelumnya berada dalam air. Tetapi sesuatu yang berada di dalam air belum tentu berarti tenggelam di dalam air. Anda bisa berada dalam bak mandi tetapi anda tidak tenggelam. Mungkin air itu malah hanya setinggi lutut anda dan kalau anda meninggalkan bak itu, dapat dikatakan bahwa anda ‘keluar dari bak’ atau ‘keluar dari air’.  Jadi keluar dari air tidak berarti / belum tentu sebelumnya Yesus diselamkan.

2. Argumentasi Historis 

Dalam katakombe-katakombe (gambar-gambar tempo dulu), Yesus digambarkan berada dalam sungai dan dibaptis Yohanes dengan posisi berdiri dan air sampai pada pinggangnya. Jadi frase ‘keluar dari air’ mungkin hanya berarti ‘meninggalkan air’.

3.  Argumentasi Biblika 

Frase “keluar dari” ini menggunakan bahasa Yunani ("apo") yang secara umum diartikan “dari”. Kata yang sama dipakai dalam Lukas 2:4 :

“Demikian juga Yusuf pergi dari ("apo") kota Nazaret di Galilea….”

Tentu ini tidak boleh ditafsirkan bahwa Yusuf ‘nongol” (sebelumnya tenggelam) dari dalam tanah Nazaret? Kata “apo” di sini lebih berarti “meninggalkan”. Juga Yohanes 11:55 :

“..banyak orang dari negeri itu berangkat ke ("apo") Yerusalem…”.

Jelas ayat ini tidak bermaksud bahwa orang banyak itu keluar dari dalam tanah. Kata "apo" di sini sama pengertiannya dengan Lukas 2:4 yakni “meninggalkan”. Kalau kata "apo" yang dipakai dalam Lukas 2:4 maupun Yohanes 11:55 sama dengan yang dipergunakan dalam Matius 3:16, maka kalimat “Yesus segera keluar dari air”  tidak berarti Yesus “nongol” atau muncul dari dalam air (sebelumnya tenggelam). Ayat itu hanya mau berkata bahwa setelah dibaptis Yesus segera meninggalkan air. Jadi apakah menurut saya Yesus belum tentu dibaptis secara selam. Ini penting agar kita dihindarkan dari sikap fanatisme berlebihan terhadap salah satu cara baptisan.


Pdt. Alfred Esra Soru |
GKIN (GEREJA KRISTEN INJILI  NUSANTARA) "REVIVAL"

P O P U L A R - "Last 7 days"