0 DOSA MENGHUJAT ROH KUDUS

Seorang bertanya kepada saya :
"Tolong jelaskan dosa yang tidak bisa diampuni yaitu menghujat Roh Kudus. Dosa-dosa itu meliputi apa saja ?"



Jawaban saya :


Dosa menghujat Roh tercatat dalam Mat 12:31-32 :


Sebab itu Aku berkata kepadamu: Segala dosa dan hujat manusia akan diampuni, tetapi hujat terhadap Roh Kudus tidak akan diampuni. Apabila seorang mengucapkan sesuatu menentang Anak Manusia, ia akan diampuni, tetapi jika ia menentang Roh Kudus, ia tidak akan diampuni, di dunia ini tidak, dan di dunia yang akan datang pun tidak. (Juga Mark 3:28-29 dan Luk 12:10).

Dosa seperti apakah yang disebut “menghujat Roh Kudus?”

Pertama-tama kita perlu melihat konteksnya terlebih dahulu. Dalam ayat 22-23 diceritakan bahwa Yesus menyembuhkan orang bisu/buta (karena kerasukan setan). Ini menyebabkan orang banyak mulai menduga bahwa Ia adalah Mesias, Anak Daud. Darimana mereka bisa menduga seperti itu? Karena mereka tahu Kitab Suci mereka bahwa Mesias akan melakukan hal-hal itu.

Yes 35:5-6 : Pada waktu itu mata orang-orang buta akan dicelikkan, dan telinga orang-orang tuli akan dibuka. Pada waktu itu orang lumpuh akan melompat seperti rusa, dan mulut orang bisu akan bersorak-sorai; sebab mata air memancar di padang gurun, dan sungai di padang belantara

Jadi orang awam saja bisa menduga atau mengetahui tanda Mesianik. Anehnya justru orang-orang Farisi malah menuduh Yesus bahwa Ia telah mengusir setan dengan kuasa Beelzebul, penghulu setan (ayat 24). Kata-kata ini jelas keluar dari iri hati (band. Mat 27:18).

Mereka takut orang banyak itu tidak mengikuti mereka lagi. Dari penyembuhan orang buta atau orang bisu itu, orang awam pun bisa menduga bahwa Yesus adalah Mesias (ayat 22-23). Jelas bahwa orang-orang Farisi pun tahu tentang hal itu tapi yang mereka ucapkan justru ayat 24. Jadi ini menunjukkan bahwa mereka berdosa dengan sengaja.

Terhadap tuduhan ini Yesus memberikan beberapa argumentasi dan diakhiri dengan kalimat di ayat 31-32 tentang dosa menghujat Roh Kudus yang tidak dapat diampuni. Jadi orang yang menghujat Roh Kudus adalah : orang yang telah diterangi oleh Roh Kudus sehingga bagi dia sudah jelas bahwa Yesus adalah Mesias/Juruselamat tetapi dengan sengaja ia menolak semuanya itu dan menganggapnya sebagai ajaran setan. Yang ditekankan bukan penghinaan terhadap diri/pribadi Roh Kudus tetapi terhadap pekerjaan Roh Kudus dalam diri orang itu.

Mungkin kita bertanya, mengapa dosa tersebut tidak dapat diampuni? Jawabannya adalah karena ini dikaitkan dengan pekerjaan Roh Kudus yakni menginsafkan manusia akan dosa (Yoh 16 :8).

Yoh 16:8 : “Dan kalau Ia datang, Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman…”

Itu berarti kesadaran akan dosa adalah karya Roh Kudus. Tanpa Roh Kudus bekerja tidak mungkin orang menyadari bahwa ia telah berdosa. Di sinilah persoalannya. Jika seorang menghujat Bapa maka Roh Kudus akan menginsafkannya sehingga ia sadar akan dosanya lalu memohon ampun dan karenanya memperoleh pengampunan. Jika seorang menghujat Anak maka Roh Kudus akan menginsafkannya sehingga ia sadar akan dosanya lalu memohon ampun dan karenanya memperoleh pengampunan. Tetapi jika seorang menghujat Roh Kudus (menganggap pekerjaan Roh Kudus sebagai pekerjaan iblis meski secara intelektual tahu bahwa itu adalah pekerjaan Roh Kudus) maka Roh Kudus tidak akan menginsafkannya sehingga ia tidak pernah sadar bahwa ia berdosa dan karenanya tidak memohon pengampunan lalu tidak memperoleh pengampunan.

Problem : Bagaimana dengan seseorang yang sudah menghujat Roh Kudus? Apakah tidak mungkin lagi ada pengharapan jika ia sungguh-sungguh menyesali dan memohon ampun?

Jawab : Kalau orang tersebut masih sadar bahwa ia telah ‘menghujat Roh Kudus’ maka sebenarnya ia belum menghujat Roh Kudus karena orang yang menghujat Roh Kudus tidak menyadari bahwa hal itu adalah salah/dosa.

Satu hal yang saya tambahkan adalah bahwa dosa tersebut dapat dilakukan oleh orang percaya? Tidak mungkin! Mengapa? Karena orang yang menghujat Roh Kudus pasti masuk neraka sedangkan orang percaya tidak mungkin masuk neraka. Jadi dosa menghujat Roh tidak mungkin dilakukan oleh orang percaya.

Pdt. Esra Alfred Soru | GKIN (GEREJA KRISTEN INJILI NUSANTARA) "REVIVAL"

Pdt. Esra Alfred Soru selain mengembalakan jemaat GKIN Revival, juga mengajar dogmatika di STTI Kupang , serta Pembicara radio dalam program KUTAHU YANG KUPERCAYA di sejumlah radio di kota kupang.

P O P U L A R - "Last 7 days"