0 Apa Artinya Diselamatkan?

Biarlah mereka menanggung kesalahan mereka, ya Allah, biarlah mereka jatuh karena rancangannya sendiri; buanglah mereka karena banyaknya pelanggaran mereka, sebab mereka memberontak terhadap Engkau.Tetapi semua orang yang berlindung pada-Mu akan bersukacita, mereka akan bersorak-sorai selama-lamanya, karena Engkau menaungi mereka; dan karena Engkau akan bersukaria orang-orang yang mengasihi nama-Mu.
(Maz 5:10-11)

Pertanyaan Besar hari ini : apa artinya diselamatkan?
Orang kristen kerap kali mendengar "keselamatan" sehingga kita sering melupakan arti keselamatan yang sesungguhnya. Banyak juga yang berkata "telah diselamatkan". Tetapi diselamatkan dari apa, dan mengapa kita memerlukan Juru Selamat? Walaupun mungkin anda mengetahui jawabannya, mari sejenak luangkan waktu untuk membaca dan merenungkan kembali keselamatan besar yang telah ditawarkan kepada kita didalam Yesus Kristus.

Kita tahu bahwa Tuhan tidak dapat dan tidak akan dapat menolerir kejahatan. Karena Tuhan mutlak baik, Ia harus menghakimi mereka yang berlaku jahat.

Itu sebabnya Daud melontarkan sebuah pernyataan yang kuat menentang para pendosa, meminta Tuhan untuk menyatakan mereka bersalah dan  membuang mereka karena  semua tabiat jahat mereka. Adalah hak Tuhan yang Kudus untuk menghakimi semua pendosa. Tetapi tunggu, Roma 3:23 menyatakan bahwa kita semua telah berdosa, dan Galatia 3:22 berkata bahwa "Kitab Suci telah mengurung segala sesuatu di bawah kekuasaan dosa." Kita semua telah memberontak melawan Tuhan dalam segala pikiran dan tindakan, dan telah memilih untuk lebih percaya kepada diri sendiri ketimbang kepada Firman Tuhan.

Mengandalkan diri sendiri, kita berada dalam situasi yang begitu genting karena dosa-dosa kita menggiring kita kepada ketiadaan pengharapan dan ketakberdayaan mutlak untuk menyelamatkan diri sendiri. Bahkan sekalipun kita  mengupaya  perbuatan baik yang paling baik, namun  dimata Tuhan semuanya itu bagaikan kain yang kotor ! , Yesaya 64:6

Demikianlah kami sekalian seperti seorang najis dan segala kesalehan kami seperti kain kotor; kami sekalian menjadi layu seperti daun dan kami lenyap oleh kejahatan kami seperti daun dilenyapkan oleh angin. (Yesaya 64:6)

Karena Tuhan Kudus, Ia tak akan mengabaikan dosa-dosa kita- sebaliknya dosa-dosa mendatangkan penghukuman.

Namun, puji Tuhan karena Dia tidak membiarkan kita mati didalam dosa-dosa kita! Dia telah mengirimkan Anak-Nya untuk mati mengambilalih penghukuman atas dosa-dosa kita. "Dia yang tidak mengenal dosa telah dibuat-Nya menjadi dosa karena kita, supaya dalam Dia kita dibenarkan oleh Allah".(2 Korintus 5:21). Setiap orang yang percaya kepada Yesus Kristus dapat menyerukan suka cita karena Tuhan membela kita dari murka-Nya melalui  kasih-Nya yang luar biasa dalam pribadi Kristus.

Kita juga harus ingat bahwa keselamatan yang datang dari Tuhan, lebih besar daripada "asuransi kebakaran" yang melindungi kita dari penghukuman kekal. Kita telah diselamatkan tak hanya dari murka Tuhan tetapi juga dari belenggu dosa.  Oleh karena itu "setelah kamu dimerdekakan dari dosa dan setelah kamu menjadi hamba Allah, kamu beroleh buah yang membawa kamu kepada pengudusan dan sebagai kesudahannya ialah hidup yang kekal". (Roma 6:22).

Tuhan telah menyelamatkan kita dari penghakiman kekal dan untuk hidup sesuai dengan kehendak Tuhan di dunia yang tak percaya kepada-Nya. Sungguh keselamatan yang luar biasa!

Ide besar hari ini : Kita telah diselamatkan dari murka Tuhan oleh Karya Yesus Kristus

by Erik Lutz, AiG–U.S. | Alih Bahasa : Martin Simamora

P O P U L A R - "Last 7 days"