0 MENJAWAB SAKSI YEHUWA: BERHARAP PADA KRISTUS

MENJAWAB SAKSI YEHUWA:
BERHARAP PADA KRISTUS
Oleh: Pdt. Budi Asali, M.Div.

Saksi Yehuwa
        Yoh 14:28 "Kamu telah mendengar, bahwa Aku telah berkata kepadamu: Aku pergi, tetapi Aku datang kembali kepadamu. Sekiranya kamu mengasihi Aku, kamu tentu akan bersukacita karena Aku pergi kepada Bapa-Ku, sebab Bapa lebih besar dari pada Aku." Baca dan komentari: 1Korintus 15:19.

Tanggapan Budi Asali:

        1Kor 15:19 "Jikalau kita hanya dalam hidup ini saja menaruh pengharapan pada Kristus, maka kita adalah orang-orang yang paling malang dari segala manusia."
        Ayat ini menekankan bahwa kita harus berharap kepada Kristus untuk kehidupan setelah kematian. Memang kita harus berharap kepada Kristus juga untuk hidup yang sekarang ini, tetapi kita harus berharap kepada Dia, terutama untuk kehidupan setelah kematian.
        Ayat ini harus diperhatikan oleh orang-orang yang berharap kepada Kristus hanya untuk hidup sekarang ini, seperti berharap kekayaan, kesembuhan, bebas dari problem duniawi, dsb.
        Yang terutama kita harus berharap kepada Kristus untuk kehidupan setelah kematian,dan itu hanya bisa terjadi kalau kita mempercayai Dia sebagai Tuhan dan Juruselamat kita, yang telah membereskan semua dosa kita.

Penafsiran Yesus Allah Pencipta
        Rupanya dengan menterjemahkan seperti itu, NWT berusaha untuk menunjukkan / menekankan bahwa Allah / Bapalah yang adalah Pencipta, dan dengan demikian menghapus kemungkinan penafsiran bahwa Yesus adalah Pencipta.
        Saksi Yehuwa percaya bahwa Yesus itu adalah Allah yang perkasa / Tuhan dan Juruselamat bagi umat manusia, namun Saksi Yehuwa juga percaya bahwa bahwa Yesus itu adalah makhluk roh yang pertama kali diciptakan oleh Allah Yehuwa. Baca 1Korintus 8:5,6; Matius 26:39; Yohanes 8:17, 18; Wahyu 1:1; Matius 28:18.

Tanggapan Budi Asali:
        1Kor 8:5-6 "(5) Sebab sungguhpun ada apa yang disebut "allah", baik di sorga, maupun di bumi--dan memang benar ada banyak "allah" dan banyak "tuhan" yang demikian-- (6) namun bagi kita hanya ada satu Allah saja, yaitu Bapa, yang dari pada-Nya berasal segala sesuatu dan yang untuk Dia kita hidup, dan satu Tuhan saja, yaitu Yesus Kristus, yang oleh-Nya segala sesuatu telah dijadikan dan yang karena Dia kita hidup."
        Teks ini tidak menunjukkan apapum bahwa Yesus adalah makhluk roh yang dicipta pertama oleh Bapa. Anda keliru lagi?
        Biasanya teks ini digunakan untuk menunjukkan bahwa Yesus bukan Allah, karena dikatakan bahwa "hanya ada satu Allah saja, yaitu Bapa." Tetapi kalau demikian, lalu bagaimana dengan kalimat dalam ay 6nya "satu Tuhan saja, yaitu Yesus Kristus"? Saya tanya: "Bapa itu Tuhan atau bukan?" Kalau ya, bukankah ada 2 Tuhan, dan ayat itu jadi salah? Bagi orang Kristen yang mempercayai Allah Tritunggal, itu tidak masalah, karena sekalipun Yesus juga adalah Allah, tetapi karena Bapa dan Yesus memiliki satu hakekat, maka tetap hanya ada satu Allah saja.
        Demikian pula, sekalipun Bapa itu Tuhan, tetapi karena Bapa dan Yesus hanya memiliki satu hakekat, maka hanya ada satu Tuhan saja. Tetapi bagi Saksi Yehuwa yang menganggap bahwa Yesus dan Bapa adalah 2 pribadi yang terpisah total, tidak mungkin text ini bisa dijelaskan!

        Matius 26:39 "Maka Ia maju sedikit, lalu sujud dan berdoa, kata-Nya: 'Ya Bapa-Ku, jikalau sekiranya mungkin, biarlah cawan ini lalu dari pada-Ku, tetapi janganlah seperti yang Kukehendaki, melainkan seperti yang Engkau kehendaki.'"
        Yohanes 8:17-18 "(17) Dan dalam kitab Tauratmu ada tertulis, bahwa kesaksian dua orang adalah sah; (18) Akulah yang bersaksi tentang diri-Ku sendiri, dan juga Bapa, yang mengutus Aku, bersaksi tentang Aku.'"
        Wahyu 1:1 "Inilah wahyu Yesus Kristus, yang dikaruniakan Allah kepada-Nya, supaya ditunjukkan-Nya kepada hamba-hamba-Nya apa yang harus segera terjadi. Dan oleh malaikat-Nya yang diutus-Nya, Ia telah menyatakannya kepada hamba-Nya Yohanes."
        Matius 28:18 "Yesus mendekati mereka dan berkata: "Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi."
        Ayat-ayat ini tidak ada urusannya dengan Yesus sebagai ciptaan pertama dari Bapa. Anda asal memberi ayat, tanpa melihat ayatnya lebih dulu?


Kedudukan Yesus dan Allah Bapa
        Setelah pemerintahan 1000 tahun Yesus berakhir nanti, menurut 1 Korintus 15:24 disebutkan bahwa "Yesus akan menyerahkan kerajaan-Nya kepada Bapa-Nya".
        Mohon sebutkan secara spesifik mengenai maksud ayat ini bahwa "Siapa akan menyerahkan kerajaan kepada siapa?" Pada 1Korintus 15:28nya disebutkan bahwa "Yesus akan menaklukkan diri-Nya dibawah Bapa-Nya" Mohon sebutkan secara spesifik mengenai maksud ayat ini bahwa "Siapa akan menaklukkan diri-Nya di bawahnya siapa!"
        Jika memang benar Ysus akan menyerahkan kerajaan-Nya kepada Bapa-Nya dan akan menaklukkan diri-Nya di bawah Bapa-Nya, bukankah itu berarti bahwa kedudukan Yesus di dalam surga berada di bawah Bapa-Nya? Sudah sangat jelas bahwa Allah Bapa [Yehuwa] selalu berada pada kedudukan urutan pertama. Sedangkan Yesus selalu berada pada kedudukan kedua.
        Jika Yesus memang setara dengan Bapa-Nya, mengapa kok Allah Bapa dan Roh Kudus tidak pernah diberi gelar sebagai: Yang Sulung dan Anak Tunggal oleh Alkitab? Kenapa kok gelar tersebut hanya diberikan pada Yesus saja di Kolose 1:15; Ibrani 1:6; Yoh 1:14, 18? Bahkan gelar anak tunggal pada diri Yesus disamakan dengan diri Ishak di Ibrani 11:17 dengan kata Yunani yang sama yaitu monogenes. Baca pengakuan Yesus di Yohanes 14:28, Yohanes 5:30, Yohanes 17:3, 1Tim 2:5, Markus 13:32, Mat 20:23, Luk 4:18, Luk 22:42.

Tanggapan Budi Asali:
        Semua ayat yang menunjukkan Yesus ada di bawah Bapa menyoroti Dia sebagai manusia / pengantara. Tetapi ada ayat-ayat yang menunjukkan kesetaraan Yesus dengan Bapa, dan ini menyoroti Yesus sebagai Allah (Yoh 10:30, Yoh 5:18, Fil 2:6 dsb).
        Jika Dia disebut Anak Tunggal, karena Dia memang Anak Tunggal. Bapa dan Roh Kudus bukan anak siapa-siapa, tentu saja tak pernah disebut 'Anak'. Ishak disebut 'anak tunggal', tetapi anak tunggal dari siapa? Dari Allah! Apakah kelihatannya sama? Apakah anak monyet sama dengan anak manusia?
        Dalam Yoh 1:18 versi TDB, Yesus disebut apa? 'Satu-satunya allah yang diperanakkan' bukan? Bapa adalah Allah, tetapi Ia tidak pernah diperanakkan. Roh Kudus juga adalah Allah, tetapi Ia juga tak pernah diperanakkan. Yesus memang adalah satu-satunya Allah yang diperanakkan!

Sumber:
Tabloid GLORIA, edisi 376, Minggu II Nopember 2007, hal. 28
Tabloid GLORIA adalah tabloid mingguan interdenominasi, terbit dari Surabaya, member of Jawa Pos Group.

e-mail us at golgotha_ministry@yahoo.com

P O P U L A R - "Last 7 days"