0 MENJAWAB SAKSI YEHUWA: APAKAH YESUS SUMBER PENCIPTAAN?

MENJAWAB SAKSI YEHUWA:
APAKAH YESUS SUMBER PENCIPTAAN?
Oleh: Pdt. Budi Asali, M.Div.

Pertanyaan Saksi Yehuwa
        Apakah Yesus adalah SUMBER PENCIPTAAN? Apa pendapat Alkitab mengenai hal ini? Jika Yesus ternyata BUKANlah SUMBER penciptaan, maka secara otomatis dapat disimpulkan bahwa doktrin tritunggal TIDAK berdasarkan Alkitab!

        Kata penghubung "DAN" pada awal kalimat Wahyu 1:5 MEMBUKTIKAN bahwa aa yang dimaksud dengan "Allah, yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang" yang disebutkan Wahyu 1:4 dan Wahyu 4:8 adalah: BUKAN Yesus, maka secara otomatis yang dimaksud dengan SUMBER PENCIPTAAN yang disebutkan di dalam Wahyu 4:11 adalah: BUKAN Yesus.
        Wahyu 1:4 "Dari DIA (BUKAN Yesus), yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang dan dari ketujuh roh yang ada dihadapan tahtanya"
        Wahyu 1:5 "DAN dari Yesus Kristus...."
        Wahyu 4:8 "Kudus, Kudus, Kuduslah Tuhan, Allah Yang  Mahakuasa, Yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang."

A. Mohon sebutkan secara spesifik tentang SIAPAKAH yang dimaksudkan dengan: "Allah yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang" yang disebutkan di dalam Wahyu 1:4 dan Wahyu 4:8. Apakah Yesus atau BUKAN?
B. Lalu sebutkan pula secara spesifik tentang SIAPAKAH yang dimaksudkan dengan kata "Yesus Kristus" yang terdapat di dalam Wahyu 1:5 (DAN dari Yesus Kristus...; demikian bunyi kalimat Wahyu 1:5).
        Berhubung terdapat kata penghubung "DAN" pada awal kalimat Wahyu 1:5, maka tentunya yang dimaksud dengan "DIA, yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang" yang disebutkan di dalam Wahyu 1:4 adalah: BUKAN Yesus. Bukankah begitu?
        Argumentasi di atas DIPERKUAT oleh rangkaian ayat Wahyu 4:8 sampai Wahyu 5:7. Di dalam rangkaian ayat tersebut diperlihatkan Allah sedang duduk di atas tahta, sedangkan Yesus TIDAK. Yesus (anak domba) diperlihatkan harus datang menghampiri Allah yang sedang duduk di atas tahta, untuk mengambil gulungan kitab dari tangan Allah.
        JADI: Seluruh isi dari kitab Wahyu MEMBUKTIKAN bahwa Yesus BUKANlah SUMBER penciptaan. Dari rangkaian ayat yang letaknya di SEBELUMnya Wahyu 4:11 (Wahyu 1:4,5 dan Wahyu 4:8) HINGGA rangkaian ayat yang letaknya di SESUDAHnya Wahyu 4:11 (Wahyu 4:8 - Wahyu 5:11) MEMBUKTIKAN bahwa Yesus BUKANlah SUMBER penciptaan. Dan isi dari Kitab Wahyu di atas jelas-jelas membahas mengenai keadaan di dalam Surga, jadi ayat-ayat di atas sama sekali TIDAK membahas mengenai wujud Yesus sebagai MANUSIA di bumi. Contoh perumpamaan: "bingkisan kado dari 'dia' DAN dari Amir". Apakah yang dimaksud dengan 'dia' di dalam kalimat ini adalah Amir? Tidak bukan? Demikian pula dengan Wahyu 1:4,5 "dari DIA yang ada, yang sudah ada, dan yang akan datang; DAN dari Yesus Kristus..." Tentunya yang dimaksud dengan DIA di dalam Wahyu 1:4 adalah Yesus, maka itu berarti bahwa di dalam surga terdapat 2 buah Yesus! Lha masak di dalam surga, Yesus ada 2 buah? SEMUA bukti di kitab Wahyu menunjukkan bahwa Yesus BUKANlah SUMBER penciptaan. Hal ini sesuai dengan pengakuan Yesus sendiri di dalam Yohanes 14:28 "sebab Bapa LEBIH BESAR daripada Aku (Yesus)." Baca pula pengakuan Yesus di Yohanes 17:13 dan 1 Timotius 2:5.


Tanggapan dan Jawaban Pdt. Budi Asali
        Anda tidak usah ngotot untuk membuktikan bahwa Wahyu 1:4 dan Wahyu 4:8,11 tidak menunjuk kepada Yesus, tetapi menunjuk kepada Bapa, karena saya memang percaya demikian. Jadi, Wahyu 4:11 memang menunjukkan Bapa sebagai Pencipta.
        Tetapi pada waktu anda lalu menyimpulkan 'JADI: Seluruh isi dari kitab Wahyu MEMBUKTIKAN bahwa Yesus BUKANlah SUMBER penciptaan', saya tidak setuju. Alasan saya:
  1. Anda hanya membahas tiga ayat dalam kitab Wahyu. Bagaimana mungkin lalu menyimpulkan bahwa seluruh kitab Wahyu seperti itu?
  2. Pembahasan tiga ayat tersebut hanya menunjukkan bahwa Bapa adalah Pencipta, tetapi sama sekali tidak menunjukkan bahwa Yesus bukanlah Pencipta.
  3. Saya sudah menunjukkan melalui penjelasan tentang Wahyu 3:14 bahwa Yesus bisa diartikan sebagai sumber penciptaan, karena kata Yunani ARCHE bisa diartikan sebagai 'sumber'. Jadi, ayat ini bukan menunjukkan Yesus sebagai ciptaan pertama, tetapi sebagai sumber dari semua ciptaan. Dengan kata lain, Yesus adalah Pencipta! Kalau dikatakan bahwa kata ARCHE dalam Kitab Suci tidak pernah digunakan dalam arti 'sumber', maka saya jawab sebagai berikut: Yang jelas menurut bahasa Yunani kata ARCHE bisa diartikan sebagai 'sumber'. Kalaupun Kitab Suci 1000x menggunakan kata ARCHE dalam arti lain, tetapi sama sekali tidak menutup kemungkinan bahwa ada satu tempat di mana Kitab Suci menggunakannya dalam arti 'sumber', karena memang bisa diartikan seperti itu. Sebagai ilustrasi: kalau seorang dokter jantung bicara dengan pasiennya tentang kata 'heart'. Karena ia bicara tentang penyakit jantung, maka mungkin dalam pembicaraannya itu menggunakan istilah 'hear attact' sebanyak 100 kali. Dalam semua penggunaan ini kata 'heart' diartikan 'jantung'. Tetapi apakah tidak mungkin bahwa tahu-tahu ia berkata: "Kamu mengalami heart attact, karena kamu mengalami broken heart?" Dalam kalimat ini, ia tahu-tahu menggunakan kata 'heart' dalam arti 'hati'. Salahkah dia? Tidak, karena kata 'heart' memang bisa diartikan seperti itu!
  4. Ada beberapa ayat Kitab Suci yang menyatakan Yesus sebagai Pencipta, yaitu:
  • Yohanes 1:3, 10 "(3) Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan. (10) Ia telah ada di dalam dunia dan dunia dijadikan oleh-Nya, tetapi dunia tidak mengenal-Nya."
  • Kolose 1:16 "Karena di dalam Dialah telah diciptakan segala sesuatu, yang ada di sorga dan yang ada di bumi, yang kelihatan dan yang tidak kelihatan, baik singgasana, maupun kerajaan, baik pemerintah, maupun penguasa; segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia."
  • Ibrani 1:2, 10 "(2) maka pada zaman akhir ini Ia telah berbicara kepada kita dengan perantaraan Anak-Nya, yang telah Ia tetapkan sebagai yang berhak menerima segala yang ada. Oleh Dia Allah telah menjadikan alam semesta. (10) Dan: 'Pada mulanya, ya Tuhan, Engkau telah meletakkan dasar bumi, dan langit adalah buatan tangan-Mu.'"
Catatan: dalam Yoh 1:3, 10 Kol 1:16 dan Ibrani 1:2 digunakan kata Yunani yang seharusnya diterjemahkan 'melalui'. Ini digunakan oleh Saksi-saksi Yehuwa untuk mengatakan bahwa Allah Bapa menciptakan segala sesuatu melalui Yesus. Jadi, Yesus cuma merupakan semacam alat, tetapi Yesus bukan Pencipta itu sendiri. Tetapi ini tidak mungkin, karena:
  1. Ibrani 1:10 sama sekali  tidak menggunakan kata 'melalui', tetapi secara jelas dan menyolok menunjukkan Yesus sebagai Pencipta.
  2. Doktrin dari Saksi Yehuwa bahwa Bapa mencipta segala sesuatu melalui Yesus bertentangan dengan ayat-ayat di bawah ini:
Yesaya 44:24  "Beginilah firman TUHAN, Penebusmu, yang membentuk engkau sejak dari kandungan; 'Akulah TUHAN, yang menjadikan segala sesuatu, yang seorang diri membentangkan langit, yang menghamparkan bumi--siapakah yang mendampingi Aku? --'"
Ayub 9:4a, 8 "(4a) Allah itu bijak dan kuat,...(8) yang seorang diri membentangkan langit, dan melangkah di atas gelombang-gelombang laut;"
Mazmur 136:1-9 "(1) Bersyukurlah kepada TUHAN, sebab Ia baik! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya. (2) Bersyukurlah kepada Allah segala allah! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya. (3) Bersyukurlah kepada Tuhan segala tuhan! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya. (4) Kepada Dia yang seorang diri melakukan keajaiban-keajaiban besar! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya. (5) Kepada Dia yang menjadikan langit dengan kebijaksanaan! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya. (6) Kepada Dia yang menghamparkan bumi di atas air! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya. (7) Kepada Dia yang menjadikan benda-benda penerang yang besar; bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya. (8) Matahari untuk menguasai siang; bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya. (9) Bulan dan bintang-bintang untuk menguasai malam! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya."
Catatan:keajaiban-keajaiban besar itu diperinci dalam ayat 5 dst, yang menunjuk pada penciptaan segala sesuatu! Jadi, Allah menciptakan segala sesuatu sendirian!
Ayat-ayat ini menghancurkan pandangan Unitarian / Saksi Yehuwa yang mengatakan bahwa Allah menciptakan Yesus sebagai ciptaan pertama dan  lalu melalui Yesus menciptakan segala sesuatu yang lain. Bagi Kristen yang mempercayai Allah Tritunggal, ayat ini tidak jadi problem, karena sekalipun Yesus dan Roh Kudus juga adalah pencipta, tetapi Mereka satu hakekat dengan Bapa, sehingga kata-kata 'seorang diri' dalam ayat itu tidak menjadi problem. Tetapi bagi Unitarian / Saksi Yehuwa ayat ini menjadi problem, karena kalau mereka mengatakan bahwa Allah menciptakan alam semesta melalui Yesus, berarti Allah tidak seorang diri menciptakannya, karena dalam teologia mereka Allah dan Yesus adalah 2 pribadi yang terpisah secara total!
  1. Pengkhotbah 12:1 "Ingatlah akan Penciptamu pada masa mudamu, sebelum tiba hari-hari yang malang dan mendekat tahun-tahun yang kaukatakan: 'Tak ada kesenangan bagiku di dalamnya!'"
Aneh, tapi nyata. Kata "Pencipta" di sini dalam bahasa Ibraninya ada dalam bentuk jamak! Lagi-lagi, bagi orang Kristen yang mempercayai doktrin Allah Tritunggal, ini tidak jadi problem, karena memang kita mempercayai bahwa ketiga Pribadi dari Allah Tritunggal aktif dalam melakukan penciptaan. Tetapi bagi Saksi Yehuwa / Unitarian, yang mempercayai bahwa Yesus bukan Pencipta (hanya alat), dan hanya Bapa saja yang adalah Pencipta, silakan menjelaskan keanehan penggunaan bentuk jamak ini! Bagi orang Kristen, kalau berhadapan dengan ayat yang mengatakan bahwa Pencipta itu tunggal / sendirian dsb, maka kita menafsirkan bahwa itu menujuk kepada hakekat Allah yang memang tunggal. Sebaliknya, kalau berhadapan dengan ayat yang menunjukkan Pencipta ada jamak, maka kita menafsirkan bahwa itu menunjuk kepada pribadi-pribadi dari Allah Tritunggal yang memang ada 3!
Tetapi bagaimana Saksi-saksi Yehuwa menjelaskan Pencipta yang tunggal dan Pencipta yang jamak ini? Sekarang saya kembali ke bagian awal dari pertanyaan Saksi Yehuwa ini di mana ia berkata: "Jika Yesus ternyata BUKANlah SUMBER penciptaan, maka secara otomatis dapat disimpulkan bahwa doktrin Tritunggal TIDAK berdasarkan Alkitab!" Sekarang, setelah saya bisa membuktikan bahwa Yesus memang adalah Pencipta, apakah Saksi Yehuwa mau mengakui bahwa doktrin Allah Tritunggal memang sesuai dengan Alkitab dan merupakan ajaran Alkitab?

Sumber:
Tabloid GLORIA, edisi 365, Minggu III Agustus 2007, hal. 28
Tabloid GLORIA adalah tabloid mingguan interdenominasi, terbit dari Surabaya, member of Jawa Pos Group.

e-mail us at golgotha_ministry@yahoo.com

P O P U L A R - "Last 7 days"