F O K U S

Nabi Daud Tentang Siapakah Kristus

Ia Adalah Seorang Nabi Dan Ia Telah   Melihat Ke Depan Dan Telah Berbicara Tentang Kebangkitan Mesias Oleh: Blogger Martin Simamora ...

0 TAKLUK TANPA SYARAT

Baca: : Kejadian 3:1–6

Manusia jatuh ke dalam dosa ketika manusia hendak bergeser dari tempatnya, ketika manusia hendak mengikuti jejak langkah Iblis. Manusia tidak bersedia dibawahi, didominasi atau dikuasai Allah. Manusia mau merdeka dan bebas melakukan apa pun yang diinginkannya. Ini terbukti karena manusia tergoda saat ular berkata, “… kamu akan menjadi seperti Allah…” (ay. 5).

Keselamatan dalam Yesus Kristus adalah upaya Allah untuk kembali mendominasi manusia; Sang Pencipta ingin mengikat ciptaan-Nya dengan “belenggu” kebenaran, agar manusia melakukan kehendak-Nya dan kembali ke tempat di mana ia harus berada sesuai dengan kehendak Penciptanya.

Pelanggaran terhadap hukum-hukum hanyalah gejala dari orang yang tidak menempatkan Tuhan secara benar dalam hidupnya. Orang yang berkelakuan baik belum tentu menemukan tempatnya di hadapan Tuhan, tetapi orang yang menemukan tempatnya di hadapan Tuhan pasti berusaha untuk melakukan semua hukum dan perintah Tuhan, dan pasti menjadi orang yang bukan saja baik, tetapi sempurna.

Dewasa ini, banyak orang diajar untuk menganggap dirinya telah menjadi umat Tuhan yang baik, dikasihi dan disayang-sayang Tuhan. Apalagi kalau mereka sudah merasa melakukan yang terbaik untuk Tuhan dengan memberikan persepuluhan, membantu pekerjaan misi, atau membantu sesama yang membutuhkan pertolongan. Menurut ukuran manusia, mereka tidak bercela; namun apabila mereka belum menemukan tempatnya di hadapan Tuhan, sejatinya di mata Tuhan status mereka masih sebagai pemberontak.

Inti Kekristenan bukanlah melakukan apa yang baik di mata manusia, melainkan menaklukkan diri sepenuhnya di bawah kedaulatan Tuhan tanpa syarat. Untuk ini ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Pertama, ia harus memiliki kesediaan untuk melakukan apa pun yang Tuhan perintahkan. Kedua, ia harus mengerti kebenaran Firman Tuhan atau Injil yang memberikan kepekaan kepadanya untuk mengerti kehendak Tuhan dengan tepat.

Dengan menaklukkan diri kepada Tuhan, kita dapat mengerti filosofi Paulus, yaitu “Hidup adalah Kristus dan mati adalah keuntungan” (Flp. 1:21). “Hidup adalah Kristus” itu pada prinsipnya bukan hidup menuruti hukum-hukum Tuhan, tetapi hidup untuk kepentingan Kristus. Jadi kalau hari ini kita sadar bahwa kita masih hidup untuk kepentingan kita sendiri dan belum mau didominasi oleh Allah, segeralah bertobat.

Inti Kekristenan adalah menaklukkan diri sepenuhnya
di bawah kedaulatan Tuhan tanpa syarat.

Photo credit : IN MY DARKNESS HOUR
(TRUTH)

No comments:

Post a Comment

Anchor of Life Fellowship , Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri - Efesus 2:8-9