0 Apa yang Dimaksud Bersekutu Dengan Roh Kudus?

2 Korintus 13 :14
Kasih karunia Tuhan Yesus Kristus, dan kasih Allah, dan persekutuan Roh Kudus menyertai kamu sekalian.

Pertanyaan Besar hari ini : Apa yang dimaksud bersekutu dengan Roh Kudus?
Dalam ayat hari ini, rasul Paulus mengakhiri suratnya kepada jemaat Tuhan di Korintus dengan menuliskan "persekutuan Roh Kudus menyertai kamu sekalian". Kita dapat bersekutu dengan Roh  karena anugerah Yesus Kristus dan Kasih Tuhan. Persekutuan Roh  memiliki nilai lebih dari sekedar hubungan persahabat.

Agar dapat memahaminya dengan lebih baik, apa yang dimaksud oleh Paulus bersekutu dengan Roh, kita harus melihat ayat-ayat lain dengan kata  yang sama. Kata Yunani untuk "bersekutu" adalah "Koinonia" yang dapat diartikan saling berbagi, dan kata dalam bahasa Yunani yang sama ini digunakan dalam surat Paulus kepada jemaat Tuhan di Filipi :


Jadi karena dalam Kristus ada nasihat, ada penghiburan kasih, ada persekutuan Roh, ada kasih mesra dan belas kasihan,
karena itu sempurnakanlah sukacitaku dengan ini: hendaklah kamu sehati sepikir, dalam satu kasih, satu jiwa, satu tujuan, (2:1-2)

Roh berdiam di dalam  setiap diri orang percaya adalah sebuah bagian dalam konsep ini, karena semua orang percaya memiliki Roh yang sama, berdiam didalam mereka. Paulus telah menuliskan didalam suratnya kepada jemaat Tuhan di Efesus :
satu tubuh, dan satu Roh, sebagaimana kamu telah dipanggil kepada satu pengharapan yang terkandung dalam panggilanmu,
satu Tuhan, satu iman, satu baptisan,
atu Allah dan Bapa dari semua, Allah yang di atas semua dan oleh semua dan di dalam semua. (4:4-6)

Semua orang percaya telah dibaptiskan kedalam satu tubuh (dalam hal ini gereja dimana Kristus adalah kepalanya) oleh satu Roh, 1 Korisntus 12:13
Sebab dalam satu Roh kita semua, baik orang Yahudi, maupun orang Yunani, baik budak, maupun orang merdeka, telah dibaptis menjadi satu tubuh dan kita semua diberi minum dari satu Roh.

Karena setiap orang percaya memiliki Roh yang sama, kita sepatutnya memiliki satu pemikiran yang sama berkerja mencapai satu tujuan-"Hanya, hendaklah hidupmu berpadanan dengan Injil Kristus, supaya, apabila aku datang aku melihat, dan apabila aku tidak datang aku mendengar, bahwa kamu teguh berdiri dalam satu roh, dan sehati sejiwa berjuang untuk iman yang timbul dari Berita Injil," Filipi 1;27.

Persekutuan Roh Kudus menyatukan seluruh orang percaya, sebab kita semua memiliki satu Roh yang tinggal di dalam diri kita. Paulus menyimpulkan hal ini dalam suratnya dengan sebuah seruan kesatuan melalui Roh Kudus.

Lebih lanjut, sebagaimana Kristus mengasihi kita, kita  harus berjalan di dalam kasih, Efesus 5:2 dan hiduplah di dalam kasih, sebagaimana Kristus Yesus juga telah mengasihi kamu dan telah menyerahkan diri-Nya untuk kita sebagai persembahan dan korban yang harum bagi Allah- tak hanya mengasihi Kristus tetapi juga mengasihi orang lain. Mengasihi sesama seperti halnya Kristus yang telah mengasihi kita akan menolong kita menjadi sepikiran, 2 Korintus 13:11 Akhirnya, saudara-saudaraku, bersukacitalah, usahakanlah dirimu supaya sempurna. Terimalah segala nasihatku! Sehati sepikirlah kamu, dan hiduplah dalam damai sejahtera; maka Allah, sumber kasih dan damai sejahtera akan menyertai kamu! Kasih dan persekutuan di dalam Roh berjalan beriringan, dan turut serta dalam persekutuan dengan Roh Kudus dengan sesama orang percaya menjadi sebuah alasan untuk bersukacita.

Seluruh orang percaya adalah satu tubuh dan satu Roh

(Jeremy Ham, AiG–U.S.  answersingenesis.com | Alih bahasa : Martin Simamora)

P O P U L A R - "Last 7 days"