0 Siapakah Roh yang Tinggal Didalam Diri Orang Percaya?

2 Timotius 1:14
Peliharalah harta yang indah, yang telah dipercayakan-Nya kepada kita, oleh Roh Kudus yang diam di dalam kita.

Pertanyaan Besar hari ini : Siapakah Roh yang Tinggal Didalam Diri Orang Percaya?

Sebelumnya kita telah membahas  Tuhan Bapa dan Tuhan Anak beserta otoritas-Nya. Jika kita berupaya pemahaman yang lebih mendalam doktrin keselamatan, kita juga wajib mempelajari Firman yang berbicara mengenai Roh Kudus.   Bapa, Anak dan Roh Kudus semuanya memiliki peran dalam keselamatan dalam cara-cara yang berbeda, dan setiap pribadi layak menerima puji dan hormat kita. Agar dapat memahami Roh Kudus dalam peran keselamatan, kita perlu membahas hubungan-Nya dengan Bapa dan Anak.

Roh Kudus, dalam Alkitab, memiliki banyak panggilan. Misal Dia disebut "Roh Tuhan" dan "Roh Kristus" dalam Surat Roma :

Roma8:9
Tetapi kamu tidak hidup dalam daging, melainkan dalam Roh, jika memang Roh Allah diam di dalam kamu. Tetapi jika orang tidak memiliki Roh Kristus, ia bukan milik Kristus.

Dalam Injil Yohanes 14:17, Ia disebut "Roh Kebenaran" dan Ia hanya disebut "Roh" dalam Yakabus 4:5.

Yohanes 14:17
yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.

Yakobus 4:5
Janganlah kamu menyangka, bahwa Kitab Suci tanpa alasan berkata: "Roh yang ditempatkan Allah di dalam diri kita, diingini-Nya dengan cemburu!"

Selagi kita membaca ayat-ayat tersebut, kita patut mencatat bahwa kesemuanya menyatakan satu kebenaran biblikal : Roh berdiam didalam diri setiap orang percaya. Dengan jelas, semua ayat-ayat ini berbicara tentang Roh yang sama.

Nama-nama ini membantu kita memahami bahwa Roh Tuhan dan Roh memiliki akses kepada kebenaran yang sama sebagaimana Tuhan, 1 Korintus 2:10
Karena kepada kita Allah telah menyatakannya oleh Roh, sebab Roh menyelidiki segala sesuatu, bahkan hal-hal yang tersembunyi dalam diri Allah.

Faktanya Roh Kudus adalah Tuhan sebagaimana Tuhan berdiam didalam diri kita

1 Yohanes 4:13
Demikianlah kita ketahui, bahwa kita tetap berada di dalam Allah dan Dia di dalam kita: Ia telah mengaruniakan kita mendapat bagian dalam Roh-Nya.

Semua orang percaya  memiliki Roh Tuhan didalam dirinya. Namun Roh yang diam didalam diri orang percaya bertentangan dengan  keinginan  tubuh/daging; tetapi bila kita  berjalan didalam Roh kita tak akan kalah dengan keinginan daging/duniawi.

Galatia 5:16-17
Maksudku ialah: hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging.
Sebab keinginan daging berlawanan dengan keinginan Roh dan keinginan Roh berlawanan dengan keinginan daging--karena keduanya bertentangan--sehingga kamu setiap kali tidak melakukan apa yang kamu kehendaki.

Ini  baru satu aspek dari Roh Kudus yang akan kita gali lebih dalam lagi kelak. Mengenal Siapakah Roh yang berdiam didalam diri kita pasti membantu kita untuk mulai memahami peran Roh Kudus dalam keselamatan.

Allah Roh Kudus Berdiam dalam diri kita

(Jeremy Ham, AiG–U.S. answersingenesis.com  | Alih bahasa : Martin Simamora)

P O P U L A R - "Last 7 days"