0 Apakah Yesus Kreator?

God Created all things by Jesus Christ
Kolose 1:15-16
Ia adalah gambar Allah yang tidak kelihatan, yang sulung, lebih utama dari segala yang diciptakan,
karena di dalam Dialah telah diciptakan segala sesuatu, yang ada di sorga dan yang ada di bumi, yang kelihatan dan yang tidak kelihatan, baik singgasana, maupun kerajaan, baik pemerintah, maupun penguasa; segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia.

Pertanyaan besar hari ini : Apakah Yesus Kreator?

Jika kita membaca seluruh isi Alkitab dengan tenang, kita pasti akan, kita harus berhati-hati  dalam mengambil kesimpulan tertentu apalagi bila tanpa doa dan studi yang seksama. Misalnya, kerap kali ketika kita merenungkan  penciptaan alam semesta, kita pasti tertuju pada Kejadian 1:1, "1:1 Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi.

Kemudian jika seseorang bertanya, apakah Yesus terlibat dalam penciptaan, kita biasanya mengacu kepada Kejadian 1:1 dan jawaban atas  pertanyaan  tersebut adalah tidak. Tetapi apabila kita mempelajarinya lebih mendalam, maka akan sangat mudah untuk menjawab pertanyaan tersebut dengan tepat.

Dalam  surat Paulus kepada Jemaat di Kolose, Paulus memperlihatkan bahwa Yesus adalah kreator atau pencipta dengan mengacu kepada  fakta bahwa Ia adalah Gambar Allah yang tak terlihat.  Rasul Paulus selanjutnya menyatakan "di dalam Dialah (Yesus) telah diciptakan segala sesuatu, yang ada di sorga dan yang ada di bumi", dan hal ini tidak bertentangan dengan Kejadian 1:1. Jika kita melanjutkan pembacaan Kejadian 1, kita akan melihat bahwa "Berfirmanlah Allah: "Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi."(Kejadian 1:26). Ayat ini mendukung fakta bahwa Yesus terlibat dalam penciptaan.

Ada banyak ayat yang menunjukan bahwa Yesus adalah Tuhan, diantaranya :

Titus 2:13
dengan menantikan penggenapan pengharapan kita yang penuh bahagia dan penyataan kemuliaan Allah yang Mahabesar dan Juruselamat kita Yesus Kristus,

Ibrani 1 : 8-9
  
Tetapi tentang Anak Ia berkata: "Takhta-Mu, ya Allah, tetap untuk seterusnya dan selamanya, dan tongkat kerajaan-Mu adalah tongkat kebenaran.
Engkau mencintai keadilan dan membenci kefasikan; sebab itu Allah, Allah-Mu telah mengurapi Engkau dengan minyak sebagai tanda kesukaan, melebihi teman-teman sekutu-Mu."

Pemikiran kita yang terbatas tidak dapat memahami konsep ini secara utuh; jika kita dapat memahami sepenuhnya, maka kita pasti Tuhan, Namun Tuhan telah mengungkapkan bahwa Anak adalah setara dengan Bapa.

Yohanes 5:18
Sebab itu orang-orang Yahudi lebih berusaha lagi untuk membunuh-Nya, bukan saja karena Ia meniadakan hari Sabat, tetapi juga karena Ia mengatakan bahwa Allah adalah Bapa-Nya sendiri dan dengan demikian menyamakan diri-Nya dengan Allah.


Yohanes 10:30
Aku dan Bapa adalah satu.

Ketidakmampuan kita  untuk memahami kedua konsep ini tidak menyurutkannya sebagai sebuah kebenaran.

Hal pokok yang harus kita lakukan dalam membuat sebuah kesimpulan tertentu yang tak disertai dengan studi mendalam di Alkitab adalah melakukannya dengan seksama, kita juga perlu menyadari bahwa  kita tidak dapat membuat berbagai kesimpulan yang definitif. Akan tetapi kita dapat menyimpulkan bahwa Yesus adalah kreator/pencipta karena  Firman Tuhan dengan jelas menyingkapkannya :

Ibrani 1:2
maka pada zaman akhir ini Ia telah berbicara kepada kita dengan perantaraan Anak-Nya, yang telah Ia tetapkan sebagai yang berhak menerima segala yang ada. Oleh Dia Allah telah menjadikan alam semesta.


Yesus dilahirkan dari seorang  dara bernama Maria, tetapi kita harus ingat bahwa Yesus telah ada sejak permulaan. Dia telah menjadi manusia sehingga  kita semua yang percaya dan hidup didalamnya beroleh hidup yang kekal.


Yohanes 1:1
Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.


Efesus 3:11
sesuai dengan maksud abadi, yang telah dilaksanakan-Nya dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.

( Jeremy Ham, AiG–U.S.  answersingenesis.org | Alih Bahasa : Martin Simamora)

P O P U L A R - "Last 7 days"