0 Apakah Yesus Kekal dan Berkuasa Penuh?

Kolose 1:17

Ia ada terlebih dahulu dari segala sesuatu dan segala sesuatu ada di dalam Dia.

Pertanyaan besar hari ini : Apakah Yesus kekal dan berkuasa penuh?




Yesus yang adalah Anak Allah  bermakna bahwa Yesus setara dengan Bapa. Rasul Yohanes telah menyatakan bahwa Yesus berkata bahwa Tuhan adalah Bapa-Nya, menjadikan diri-Nya setara dengan Tuhan.

Jesus Calms storm
Yohanes 5:18
Maka Yesus menjawab mereka, kata-Nya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya Anak tidak dapat mengerjakan sesuatu dari diri-Nya sendiri, jikalau tidak Ia melihat Bapa mengerjakannya; sebab apa yang dikerjakan Bapa, itu juga yang dikerjakan Anak.

Yesus berkata. " Aku dan Bapa adalah  SATU " (Yohanes 10:30). Memahami kebenaran ini secara utuh dengan kemampuan otak kita yang terbatas dalam mencernanya sangatlah tak mungkin, tetapi  Firman Tuhan mengungkapkan hal besar dalam topik ini.

Misalnya, Alkitab menyatakan bahwa Bapa adalah Kreator, Efesus 3:9 : dan untuk menyatakan apa isinya tugas penyelenggaraan rahasia yang telah berabad-abad tersembunyi dalam Allah, yang menciptakan segala sesuatu, dan Alkitab juga menyatakan kuasa Tuhan dan semua atribut kekekalan-Nya :

Wahyu 11:17
sambil berkata: "Kami mengucap syukur kepada-Mu, ya Tuhan, Allah, Yang Mahakuasa, yang ada dan yang sudah ada, karena Engkau telah memangku kuasa-Mu yang besar dan telah mulai memerintah sebagai raja


Mazmur 90:2
Sebelum gunung-gunung dilahirkan, dan bumi dan dunia diperanakkan, bahkan dari selama-lamanya sampai selama-lamanya Engkaulah Allah.

Kemudian Paulus di dalam  suratnya kepada   jemaat di Kolose 1:15-16, menuliskan bahwa Yesus Kristus adalah Gambar Tuhan yang tak terlihat, dan oleh sebab itu Yesus Kristus adalah Kreator. Selanjutnya Paulus pada ayat 17 melanjutkan dengan mengungkapkan Yesus dan kuasa-Nya.

Kolose 1:15-17
Ia adalah gambar Allah yang tidak kelihatan, yang sulung, lebih utama dari segala yang diciptakan,
karena di dalam Dialah telah diciptakan segala sesuatu, yang ada di sorga dan yang ada di bumi, yang kelihatan dan yang tidak kelihatan, baik singgasana, maupun kerajaan, baik pemerintah, maupun penguasa; segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia.
Ia ada terlebih dahulu dari segala sesuatu dan segala sesuatu ada di dalam Dia.

Karena sejatinya Yesus adalah Kreator-Tuhan pencipta manusia, langit-bumi dan alam semesta, maka di dalam Dialah (Yesus Kristus) telah diciptakan segala sesuatu, yang ada di sorga dan yang ada di bumi, yang kelihatan dan yang tidak kelihatan, baik singgasana, maupun kerajaan, baik pemerintah, maupun penguasa; segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia (Kolose 1:16), Yesus Kristus menciptakan segala sesuatu-yang terlihat dan tak terlihat. Oleh karena itu,Yesus ada sebelum segala sesuatu ada, dan dalam kekuasaan-Nya Dia menopang segala sesuatu. Dengan kata lain, Yesus itu kekal dan berkuasa sepenuhnya (eternal and all-powerful). Atribut-atribut Yesus terus dideklarasikan dan diperjelas adalam ayat-ayat berikut ini :

Ibrani 1:3
Ia adalah cahaya kemuliaan Allah dan gambar wujud Allah dan menopang segala yang ada dengan firman-Nya yang penuh kekuasaan. Dan setelah Ia selesai mengadakan penyucian dosa, Ia duduk di sebelah kanan Yang Mahabesar, di tempat yang tinggi,


Wahyu 1:8
"Aku adalah Alfa dan Omega, firman Tuhan Allah, yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang, Yang Mahakuasa."

Ayat-ayat dalam Alkitab memberikan sebuah cita rasa kepada kita-pembaca Alkitab, bagaimana Yesus setara dengan Tuhan-Bapa. Bahkan kematian tak dapat menghentikan Yesus Kristus Tuhan Mahakuasa  yang juga adalah "Kebangkitan dan Hidup", Yohanes 11:25 Jawab Yesus: "Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup walaupun ia sudah mati".  Sebagaimana yang kita baca di dalam Alkitab, kita harus camkan dalam benak kita hal penting ini : ketakberakhiran (kekekalan) Yesus dan seluruh atribut yang menunjukan kemahakuasaan Yesus.

Sebagai Tuhan Pencipta, Yesus dapat mengetahui segala sesuatu. Misalnya, Yesus bahkan mengetahui seluruh pikiran Ahli Taurat, Injil Matius 9:4  Tetapi Yesus mengetahui pikiran mereka, lalu berkata: "Mengapa kamu memikirkan hal-hal yang jahat di dalam hatimu? dan mengetahui keberadaan Natanael sebelum bertemu dengannya Yohanes 1:48 Kata Natanael kepada-Nya: "Bagaimana Engkau mengenal aku?" Jawab Yesus kepadanya: "Sebelum Filipus memanggil engkau, Aku telah melihat engkau di bawah pohon ara" Yohanes 1:48.

Melalui Yesus Kristus, setiap pribadi yang percaya kepada Yesus memperoleh keselamatan, dan ketika kita kelak berada di surga, kita dapat berharap belajar lebih banyak dari Tuhan yang kekal, berkuasa penuh dan memiliki pengetahuan akan segala sesuatu!

Yesus Kristus adalah Tuhan yang kekal dan berkuasa sepenuhnya!

(Jeremy Ham, AiG–U.S  answersingenesis.org   | Alih Bahasa : Martin Simamora)

P O P U L A R - "Last 7 days"