0 Apa Makna Peninggian Kristus Bagi Kita?

Ibrani 1:3          
Ia adalah cahaya kemuliaan Allah dan gambar wujud Allah dan menopang segala yang ada dengan firman-Nya yang penuh kekuasaan. Dan setelah Ia selesai mengadakan penyucian dosa, Ia duduk di sebelah kanan Yang Mahabesar, di tempat yang tinggi,

Pertanyaan besar hari ini : Apa makna pengagungan Kristus bagi kita?

Saat ini kita tahu bahwa Kristus bertahta di sebelah kanan Tuhan yang maha tinggi, Bapa. Kedudukan-Nya di tahta tidak hanya telah ditetapkan sejak permulaan waktu, namun kemuliaan-Nya juga telah dipastikan  dalam pengagungan/peninggian-Nya setelah Ia  menderita di kayu salib.  Kristus yang telah mengalami derita kini ditinggikan.



Pengagungan Kristus mendatangkan manfaat besar bagi mereka yang mengikuti-Nya. Paulus  menuliskan kepada Timotius tetang apa yang diperoleh oleh seseorang yang mengikuti atau percaya kepada Kristus. Kita akan menjadi subyek penderitaan besar dan penganiayaan didunia ini oleh karena percaya kepada Kristus.

3:12        
Memang setiap orang yang mau hidup beribadah di dalam Kristus Yesus akan menderita aniaya,

Tetapi  kita seharusnya selalu  mengingat sebuah fakta penting : "Jika kita bertahan, kita akan memerintah bersama dengan Dia kelak".

2:12        
jika kita bertekun, kitapun akan ikut memerintah dengan Dia; jika kita menyangkal Dia, Diapun akan menyangkal kita;

Jika kita mengalami derita oleh sebab Kritus, kita akan memerintah bersama dengan Dia. Dia memiliki semua otoritas untuk menjamin kepastian akan hal ini karena Dia juga telah mengalami penderitaan, mati, bangkit dan ditinggikan di kerajaan surga di sebelah kanan Bapa.

Peninggian Kristus seharusnya menenteramkan semua orang Kristen. Dia memiliki semua kuasa di surga dan bumi untuk memberikan janji kepada kita : turut serta ditinggikan bersama-sama dengan Kristus. Kita akan bersama dengan Yesus Kristus dalam kemuliaan karena kita telah menerima  Yesus Kristus di dalam hidup kita. Dia adalah pemilik hidup kita dan oleh  sebab itu  kita diberikan sebuah waris yaitu turut memiliki kemuliaan yang dimiliki oleh Yesus Kristus. Fakta ini seharusnya memberikan keyakinan besar bagi setiap orang percaya ketika berpikir tentang penderitaan.

Aniaya tak dapat memisahkan kasih Kristus kepada kita
Roma 8 menyatakan tidak ada satu kuasa atau penghulu  pun baik di atas atau bawah bumi  atau mahluk ciptaan apa pun yang dapat memisahkan kita dari kasih Tuhan. Karena kasihnya tak dapat dibatasi, mereka yang ada di dalam Kristus akan dimuliakan dengan Yesus (1 Petrus 4:13).

4:13        
Sebaliknya, bersukacitalah, sesuai dengan bagian yang kamu dapat dalam penderitaan Kristus, supaya kamu juga boleh bergembira dan bersukacita pada waktu Ia menyatakan kemuliaan-Nya.

Oleh karena  peninggian Yesus Kristus sepenuhnya kokoh, demikian  juga bagi mereka yang ada di dalam Kristus- tiada yang dapat menghentikan kemuliaan kita yang akan datang bersama dengan Dia, dan tak satu penuduh/pendakwa pun  dapat merubah pikiran Tuhan. Yesus telah lebih dahulu  menderita  di tempat dimana kita sekarang berada  dan telah menaklukan dosa kita. Dalam terang  dan kepastian akan  peninggian yang  kita peroleh kelak maka tak satu penderitaan di dalam dunia  menjadi terlalu berbahaya bagi seorang kristen.

(Steve Ham, AiG—U.S   answersingenesis.org  | Alih Bahasa : Martin Simamora)

P O P U L A R - "Last 7 days"