0 Apa Makna Bahwa Tuhan Adalah Bapa?

Efesus 4:6
satu Allah dan Bapa dari semua, Allah yang di atas semua dan oleh semua dan di dalam semua.

Pertanyaan Besar hari ini : Apa makna bahwa Tuhan adalah Bapa?

Sejujurnya, kita tak akan pernah dapat menjawab pertanyaan diatas tersebut dengan sangat sempurna, memahami makna Tuhan adalah Bapa seperti menggali jauh ke kedalaman karakter Allah yang kekal dan kekayaan tak terduga dari Trinitas. Sebagaimana yang kita lihat dalam ayat hari ini, otoritas Tuhan sebagai Bapa, ruang lingkupnya tanpa batas, mencakup semua aspek. Tuhan adalah "Bapa" bagi segala sesuatu", terutama bagi orang percaya, tetapi juga  bagi semua ciptaan secara umum.

Berbagai keajaiban sifat dan otoritas Tuhan yang adalah Bapa, jauh melampaui kemampuan nalar manusia untuk dapat memahaminya, tetapi Dia telah mengungkapkan kebenaran-kebenaran yang mengagumkan terkait hal ini untuk dapat kita maknai melalui firman-Nya.

Melalui firman-Nya kita tahu bahwa Tuhan adalah Bapa segala  penciptaan yang menciptakan planet bumi yang kita diami

Yesaya 45:18
Sebab beginilah firman TUHAN, yang menciptakan langit, --Dialah Allah--yang membentuk bumi dan menjadikannya dan yang menegakkannya, --dan Ia menciptakannya bukan supaya kosong, tetapi Ia membentuknya untuk didiami--:"Akulah TUHAN dan tidak ada yang lain.
Dan Bapa bagi seluruh umat manusia karena Dia yang  menciptakan dan memberikan kehidupan kepada manusia pertama, Adam

Kejadian 2:7
ketika itulah TUHAN Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi makhluk yang hidup.

Walaupaun semua ciptaan Tuhan semuanya  sempurna, Adam (seperti halnya setiap kita) memilih untuk memberontak terhadap  otoritas Tuhan- dan kematian adalah hukuman untuk pengkhianatan kita terhadap Pencipta.

Itulah sebabnya sungguh mengagumkan mengetahui bahwa Tuhan pencipta kita juga adalah Penebus kita. Allah Bapa mengutus  Yesus Kristus- Anak-Nya untuk melunasi  hukum kematian akibat dosa-dosa kita, sehingga seluruh umat manusia dapat didamaikan dengan Tuhan.

2 Korisntus 5:18
Dan semuanya ini dari Allah, yang dengan perantaraan Kristus telah mendamaikan kita dengan diri-Nya dan yang telah mempercayakan pelayanan pendamaian itu kepada kami.
Dan betapa mulianya pendamaian tersebut! Rasul Paulus menggambarkannya dengan tepat :

Roma 8:15-16
Sebab kamu tidak menerima roh perbudakan yang membuat kamu menjadi takut lagi, tetapi kamu telah menerima Roh yang menjadikan kamu anak Allah. Oleh Roh itu kita berseru: "ya Abba, ya Bapa!"
Roh itu bersaksi bersama-sama dengan roh kita, bahwa kita adalah anak-anak Allah.


Tidak hanya kita telah diselamatkan dari belenggu dosa dan penghakiman kekal, namun kita juga telah  diangkat menjadi anggota keluarga Tuhan dengan tempat terhormat sebagai anak-anak Tuhan. Dari anak-anak Dunia menjadi anak-anak Tuhan- sekarang kita dapat mengucap syukur untuk apa yang telah dilakukan Bapa !

Tuhan adalah Bapa  bagi semua- khususnya bagi mereka yang percaya


(Erik Lutz, AiG–U.S.  answersingenesis.com  | Alih Bahasa : Martin Simamora)

P O P U L A R - "Last 7 days"